Lonjakan Harga Timah Malaysia Terbantu Pelemahan Dollar AS dan Kenaikan Minyak Mentah

500

Harga timah di bursa Malaysia kembali melonjak pada perdagangan Jumat (05/02). Kenaikan tajam harga timah terpicu pelemahan dollar AS dan menguatnya harga minyak mentah di sesi Asia.

Indeks Dollar AS melemah terhadap banyak mata uang dunia. Komentar dovish dari Presiden Fed New York William Dudley pada Rabu dan data ekonomi AS yang lemah baru-baru ini, seperti naiknya klaim pengangguran telah meragukan kemungkinan kecepatan dari kenaikan suku bunga The Fed tahun ini.

Sementara itu di sesi perdagangan Asia, harga minyak mentah menguat. Harga minyak mentah rebound, naik tipis di perdagangan hari Jumat (05/02) karena likuiditas Asia memudar menjelang liburan Tahun Baru Imlek di sebagian besar wilayah.

Harga minyak mentah berjangka AS naik 17 sen menjadi $ 31,89 per barel. Sedangkan harga minyak mentah patokan internasional Brent diperdagangkan pada $ 34,67 per barel pada 0149 GMT, naik 21 sen dari penutupan terakhir.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan tajam hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 14.950 dollar per ton, naik sebesar 200 dollar dari penutupan sebelumnya pada 14.750.

Pasar akan mencermati rilis data tenaga kerja AS malam ini. Data Non Farm Payrolls Januari dan Non Farm Payrolls Private Januari diindikasikan melemah dibandingkan hasil sebelumnya. Jika hasil penurunan ini terealisir maka akan melemahkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya untuk jangka pendek akan mencoba mempertahankan penguatan, dengan potensi pelemahan dollar AS. Harga akan menghadapi level resistance di posisi 15.150 dollar dan 15.350 dollar. Akan tetapi jika terjadi retreat dan melemah harga tembaga akan menghadapi level support di 14.750 dollar dan 14.550 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here