Indeks Dow Futures Menguat Menantikan Testimoni Yellen

611

Indeks saham berjangka AS dibuka lebih tinggi terbuka pada hari Rabu (10/02) dengan investor menantikan testimoni dari Ketua Federal Reserve Janet Yellen.

Indeks Dow futures diperdagangkan sekitar 125 poin lebih tinggi dalam perdagangan pra-pasar menjelang Yellen dijadwalkan memberikan testimoni terhadap perekonomian sebelum komite kongres Rabu dan Kamis. Dia kemungkinan akan ditanya tentang segala sesuatu dari kenaikan suku bunga untuk reformasi perbankan.

Testimoni Yellen dinantikan oleh audiens yang lebih besar yaitu pasar keuangan dunia, yang menantikan apakah The Fed akan terus menjalankan kenaikan suku bunga karena kekhawatiran melemahnya ekonomi global dan pergolakan perbankan.

“Ini akan menjadi salah satu testimoni yang lebih diawasi ketat dalam beberapa waktu karena pasar mencoba untuk mengukur apakah Maret masih memungkinkan untuk kenaikan tarif Fed selanjutnya. Mengingat tidak adanya yang dapat menenangkan pasar, kita berpikir kemungkinan Yellen berat mempromosikan langkah Maret, “kata ekonom di RBC Capital Markets, Cathal Kennedy.

Saham Eropa menguat pada hari Rabu menjelang testimoni Yellen, setelah dua hari penurunan yang tajam, di mana bank terus tertekan sentimen bearish.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 melonjak lebih dari 2 persen, Deutsche Bank dan Unicredit memimpin kenaikan 14 persen dan 9 persen.

Nikkei turun 5,4 persen pada Selasa, dan menutup turun 2,3 persen pada Rabu, dengan saham perbankan dan komoditas terus tertekan.

Laporan laba pada Rabu mencakup Time Warner sebelum pasar terbuka dan Cisco Systems, Pioneer Natural Resources, Tesla Motors, Twitter, Whole Foods, HubSpot dan iRobot setelah pembukaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan, jika testimoni Yellen memberikan penguatan bagi ekonomi AS, maka akan menguatkan indeks. Demikian juga jika persediaan minyak mentah mingguan AS yang dirilis akan teralisir menurun, akan menguatkan indeks.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here