Harga Minyak Mentah Naik Terdorong Penurunan Persediaan dan Kemajuan Kesepakatan Pemotongan Produksi

563

Harga minyak mentah AS naik signifikan pada penutupan perdagangan Kamis dinihari (18/02),  setelah penurunan tak terduga dalam persediaan minyak mentah.

Persediaan minyak mentah turun 3,3 juta barel dalam pekan sampai 12 Februari menjadi 499.100.000, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk kenaikan 3,9 juta barel.  Persediaan  minyak mentah di titik pengiriman Cushing, Oklahoma, turun 175.000 barel, kata API.

Kilang minyak yang berjalan turun 27.000 barel per hari, data yang API menunjukkan.

Harga minyak mentah berjangka telah rebound dari level terendah dalam belasan tahun, melonjak setelah Iran menyuarakan dukungan untuk ikut menahan pasokan di pasar yang kelebihan pasokan, mengikuti Rusia dan Arab Saudi.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh bertemu rekan-rekan dari Venezuela, Irak dan Qatar di Teheran selama lebih dari dua jam, Rabu, mengatakan usulan penurunan produksi harus menjadi langkah pertama menuju menstabilkan pasar.

Zanganeh, dikutip oleh kantor berita Iran Shana, tidak mengatakan secara eksplisit mengatakan bahwa Iran akan terus memproduksi sendiri pada tingkat Januari, sejalan dengan usulan bahwa produsen utama termasuk Rusia dan Arab Saudi membatasi produksi.

Tapi dukungan diam-diam dari Iran membantu mendorong patokan minyak mentah global Brent naik lebih dari $ 2 per barel. Teheran telah menjadi kendala utama untuk  kesepakatan OPEC dan non OPEC pertama kali dalam 15 tahun, setelah janjinya untuk merebut kembali pangsa pasar yang hilang selama bertahun-tahun terkena sanksi.

Harga minyak mentah WTI kontrak Maret naik 5,58 persen atau $ 1,62, pada $ 30,66 per barel, dan terakhir diperdagangkan naik 7,95 persen, atau $ 2,31, pada $ 31,35 per barel.

Harga minyak mentah Brent naik $ 2,70, atau 8,39 persen, pada $ 34,88 per barel, setelah naik setinggi $ 34,76.

Harga minyak mentah telah jatuh dari tertinggi di atas $ 100 per barel dengan sedikit perlawanan untuk sebagian besar 20 bulan terakhir, berkat rekor produksi oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan pengebor besar lainnya seperti Rusia.

Tapi setelah memukul 2003 terendah di bawah $ 30 pekan lalu, harga berbalik arah, melonjak sekitar 12 persen pada hari Jumat saja setelah Uni Emirat Arab mengatakan OPEC siap untuk bekerja sama dalam membawa produksi turun.

Berdasarkan proposal untuk penahanan produksi, produsen utama termasuk Rusia dan Arab Saudi akan membatasi produksi pada tingkat Januari.

Investor juga mencermati data persediaan minyak AS dari kelompok industri American Petroleum Institute pada Rabu dan angka resmi pemerintah pada Kamis untuk arah lebih lanjut tentang harga, dengan jajak pendapat analis menyarankan kenaikan sebesar 3,9 juta barel dalam persediaan minyak mentah pekan lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi menguat dengan kemajuan kesepakan pemotongan produksi oleh produsen minyak OPEC dan non-OPEC yang juga didukung Iran. Namun harga bisa tertekan jika hasil persediaan minyak mentah AS yang akan diumumkan pemerintah AS nanti malam terealisir meningkat. Harga diperkirakan akan menembus level Support $ 30,00-$ 29,50, dan jika harga naik akan menembus level Resistance $ 31,00-$ 31,50.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here