Harga Karet Tocom Awal Pekan Turun Terpicu Penguatan Yen

551

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi Senin siang (29/02) berakhir turun. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Agustus 2016 turun disebabkan kondisi mata uang yen yang mengalami penguatan terhadap dollar AS.

Mata uang Jepang ini terpantau mengalami peningkatan 0,93% saat ini berada pada level 112.94 per dollar AS. Kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Lihat : Harga Karet Tocom Ditutup Lemah Terpicu Penguatan Yen

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Agustus 2016 sore ini ditutup pada posisi 155,1 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penurunan sebesar -0,5 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 155,6 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya berpotensi untuk kembali melemah merespon potensi penguatan Yen. Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 150,00 yen. Support selanjutnya ada di 145,00 yen. Sementara itu jika harga naik akan menemui Resistance di posisi 160,00  yen dan 165,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here