Saham Perbankan Gagal Anjlokkan IHSG Awal Maret

528

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan  perdagangan hari Selasa (01/03) berakhir di teritori positif oleh support asing yang melakukan aksi beli saham cukup banyak hingga mencetak net buy Rp226 miliar lebih.   Perdagangan hari pertama bulan ini, IHSG  ditutup naik 0,2% pada 4780 dan indeks saham unggulan LQ45 ditutup naik 0,3% ke posisi 837. Penguatan IHSG hari ini ditopang oleh penguatan 7 sektor  dengan sektor aneka industri dan tambang  menjadi pendorong kuat. 

Dan dilihat sektor-sektor yang telah mengangkat IHSG, sektor yang menyumbang penguatan  perdagangan hari ini datang dari sektor aneka industri, sektor tambang , sektor property, Sektor infrastruktur,  sektor consumer, sektor industri dasar dan sektor agri.   Adapun saham unggulan yang mengkontribusi kenaikan indeks keenam sektor tersebut yaitu saham ASII, INCO, PTBA, CTRA, JSMR, TLKM, UNVR, INDF, dan AALI. Sedangkan saham unggulan yang berusaha hajar IHSG yaitu saham PTPP, TBIG, GGRM, INTP, BBRI, BMRI dan BBNI.

Namun dari semua sektor terdapat 2 sektor yang masuk zona merah  seperti sektor perdagangan dan  sektor finance. Dari kedua  sektor tersebut, sektor finance   yang menjadi paling parah anjloknya.

Lihat:  Sektor dan Saham Yang Anjlokkan IHSG

Sektor Finance  terpangkas turun 1,45 persen  setelah perdagangan sebelumnya menguat 1,2 persen , semua saham disektor ini khususnya saham-saham unggulan anjlok signifikan dan menjadi pemberat laju IHSG hari ini.

Sektor Perdagangan turun 0,91 persen setelah perdagangan sebelumnya turun 1,8 persen , 4 saham yang jeblokkan sektor ini yaitu saham  MNCN, RALS, AKRA dan UNTR. Sedangkan saham yang berusaha angkat  sektor ini yaitu saham ERAA, MAPI, ASGR dan BMTR.

 

 

 

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here