Harga CPO Turun Mengikuti Retreat Minyak Mentah

700

Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Selasa (08/03) bergerak negatif tertekan retreatnya harga minyak mentah di sesi Asia.

Turunnya harga minyak mentah menjadi dorongan sentimen negatif yang mengakibatkan harga CPO tertahan di dalam trend melemah. Melemahnya harga minyak mentah membuat bahan bakar alternatif seperti yang dibuat dari CPO berkurang permintaannya.

Lihat : Harga CPO Naik Terbantu Pelemahan Ringgit Dan Kenaikan Minyak Mentah

Harga minyak mentah jatuh pada Selasa (08/03) tertekan lemahnya data perdagangan Tiongkok. Harga minyak mentah berjangka patokan global Brent berhasil mempertahankan $ 40 per barel pada hari Selasa, berdiri di $ 40,32 pada 0359 GMT, turun 52 sen dari pemukiman terakhir mereka. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 37,48 per barel, turun 42 sen dari penutupan terakhir.

Harga CPO kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia hari ini mengalami pelemahan. Harga kontrak Mei 2016 yang merupakan kontrak paling aktif mengalami penurunan sebesar 4 ringgit dan diperdagangkan pada posisi 2.533 ringgit per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi untuk melanjutkan trend melemahnya dengan masih berpotensi melemahnya harga minyak mentah akibat kekenyangan pasokan global. Pergerakan harga masih akan dipengaruhi oleh pergerakan mata uang ringgit dan kondisi permintaan dan pasokan global.

Harga CPO berjangka kontrak Mei 2016 di bursa komoditas Malaysia berpotensi mengetes level support pada posisi 2.480 ringgit dan 2.430 ringgit. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi kenaikan ada pada posisi 2.580 ringgit dan 2.630 ringgit.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here