Harga Karet Tocom Berakhir Lemah Terganjal Penguatan Yen

860

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi Selasa siang (08/03) ditutup turun. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Agustus 2016 melemah disebabkan kondisi mata uang yen yang mengalami penguatan terhadap dollar AS.

Pasangan mata uang USDJPY terpantau mengalami pelemahan 0,41% saat ini berada pada level 113.00 per dollar AS. Kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Lihat : Harga Karet Tocom Menguat Terdukung Kenaikan Minyak Mentah

Mata uang Yen kembali menjadi daya tarik di tengah kekuatiran perlambatan ekonomi Tiongkok dengan merosotnya data perdagangan Tiongkok yang dirilis hari ini.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Agustus 2016 sore ini ditutup pada posisi 177,5 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penurunan sebesar -2,0 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 179,5 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya berpotensi untuk kembali melemah merespon potensi penguatan Yen. Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 172,50 yen. Support selanjutnya ada di 167,50 yen. Sementara itu jika harga naik akan menemui Resistance di posisi 182,50  yen dan 187,50  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here