Harga Minyak Mentah Stabil; Kekenyangan Global Masih Mengancam

607

Harga minyak stabil pada awal perdagangan Senin (14/03), dengan kelebihan pasokan global dan perlambatan pertumbuhan ekonomi membebani pasar.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 38,41 per barel pada 0239 GMT, turun 10 sen dari posisi terakhir, tapi harga minyak mentah berjangka patokan internasional Brent naik 6 sen menjadi $ 40,45 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Terangkat Pernyataan EIA; Mingguan Naik 7%

Morgan Stanley mengatakan bahwa harga minyak telah cenderung melewati titik terendah, namun memperingatkan bahwa perlambatan pertumbuhan ekonomi dan produksi yang tinggi akan mencegah kenaikan tajam.

“Harga minyak sekarang tampaknya telah melewati titik terendah, meskipun mereka cenderung tinggal turun untuk sisa tahun ini sebelum mulai bergerak lebih tinggi pada 2017,” kata bank AS tersebut.

Morgan Stanley juga mengatakan bahwa minyak murah tidak memberikan dorongan ekonomi untuk pertumbuhan bahwa banyak harapkan.

“Ketika harga minyak jatuh di bawah biaya produksi, keuntungan pendapatan bagi konsumen akan lebih kecil dari biaya untuk produsen dan penurunan harga minyak menjadi negatif,” katanya.

Setelah kekalahan harga 70 persen antara pertengahan 2014 dan awal 2016, pasar minyak berfluktuasi.

Badan Energi Internasional (IEA) pada Jumat mengatakan bahwa harga minyak telah cenderung terpuruk karena penurunan produksi di Amerika Serikat dan produsen lain di luar Timur Tengah yang didominasi Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Namun peringatan lain menyatakan bahwa kelebihan global yang melihat lebih dari 1 juta barel minyak mentah yang diproduksi lebih dari permintaan setiap hari, meninggalkan tangki penyimpanan diisi dengan bahan bakar yang tidak terjual, akan menarik harga kembali turun lagi seperti itu terjadi setelah rally singkat pada awal 2015.

Dalam sejajar dengan pengumuman IEA memulihkan pasar, Goldman Sachs mengatakan bahwa baru-baru ini reli harga minyak mentah adalah prematur dan bahwa harga bisa jatuh tajam dalam beberapa pekan mendatang, ditarik ke bawah oleh catatan persediaan AS yang meningkat.

Sejauh ini, permintaan di pasar utama seperti Tiongkok tetap kuat. Pengilangan minyak Januari-Februari Tiongkok naik 4,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya menjadi 87.080.000 ton (10.590.000 barel per hari), data resmi menunjukkan pada hari Sabtu. Rilis data muncul tak lama setelah Tiongkok melaporkan rekor impor minyak mentah setiap hari dari 8 juta barel per hari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selajutnya berpotensi melemah dengan sentimen negatif kekenyangan global. Namun bisa menguat jika ada sentimen positif kemajuan dalam kesepakatan pembekuan produksi. Harga minyak diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 38,00-$ 37,50, namun jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 39,00-$ 39,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here