Bisnis Semen SMBR Cetak Untung Besar, Saham Perpanjang Rally

685

Pergerakan saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) masuki sesi kedua  perdagangan saham hari Kamis (17/03) bergerak positif melanjutkan keberuntungan perdagangan sebelumnya meski dibuka flat pagi tadi. Setelah sesi pertama saham berhasil naik satu persen yang menerima tambahan tenaga dari kinerja keuangan perusahaan sepanjang tahun 2015.

Perusahaan semen yang baru saja mendirikan anak usaha bergerak bidang produksi dan penjualan semen ini mendapatkan keuntungan dari bisnis tahun 2015 sebesar Rp364,1 miliar atau Rp36 per saham sedangkan tahun sebelumnya hanya mendapatkan Rp336 miliar atau Rp34 per saham saja. Peningkatan laba bersih ini disumbang oleh meningkatnya omset sepanjang tahun 2015 mencapai Rp1,4 triliun sedang tahun 2014 hanya Rp1,2 triliun. 

Selain itu perseroan juga berhasil menambah aset dan investasinya, dimana aset 2015 mencapai Rp3,2 triliun sedang tahun sebelumnya hanya Rp2,9 triliun. Dan untuk investasi SMBR sepanjang tahun tersebut mencapai Rp842,9 miliar sedang tahun 2014 hanya Rp80 miliar saja.

Sebagai informasi penjualan semen SMBR pada bulan Januari lalu berada di atas rata-rata nasional mencapai 104.572 ton  sedangkan tahun lalu di bulan yang sama hanya 90.764 ton . Sebagai informasi secara nasional penjualan sement di tanah air mencapai  5,2 juta ton dari tahun sebelumnya bulan yang sama hanya 4,9 juta ton.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai bursa perdagangan saham hari  Kamis (17/03), saham SMBR dibuka flat  pada posisi 399 setelah perdagangan sebelumnya ditutup pada posisi sama. Kini saham  bergerak positif  dengan volume  perdagangan saham baru  mencapai 50ribu lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham SMBR sebelumnya bergerak bullish  dengan indikator MA  masih bergerak naik dan indikator Stochastic bergerak konsolidasi di area jenuh belinya. Lagipula saham ini sejak akhir Februari bergerak bullish.

Sementara itu indikator ADX bergerak naik dengan +DI menunjukan pergerakan datar  menunjukkan penguatan saham SMBR  terbatas.  Dengan kondisi fundamental dan teknikalnya, maka harga saham SMBR hari ini diperkirakan bergerak di level Support 399 dan Resistance 406.

 

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst at Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here