Harga Emas Rally Setelah Serangan Brussels

704

Harga Emas rally pada akhir perdagangan Selasa karena investor mencari aset yang dianggap sebagai tempat berlindung dari risiko setelah serangan bom yang menghantam bandara Brussels dan kereta Metro di ibukota Belgia.

Serangan Brussels tersebut menewaskan 34 orang, menurut lembaga penyiaran publik VRT, dan memicu peringatan keamanan di seluruh Eropa yang membawa beberapa lalu lintas lintas batas berhenti.

Harga emas spot sempat mencapai sesi tertinggi pada $ 1,259.60 per ons terpicu kekuatiran serangan Brussels tersebut, dan berakhir naik 0,35 persen lebih tinggi pada $ 1,247.66 per ons.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman April ditutup naik $ 4,40 pada $ 1,248.60 dan terakhir naik 0,33 persen per ounce pada $ 1,248.40.

Lihat : Harga Emas Turun Tertekan Penguatan Dollar AS

Bursa Saham Eropa jatuh dan investor juga bergegas untuk mencari aset yang aman pada obligasi pemerintah setelah ledakan di Brussels. Euro tergelincir, yen dan franc Swiss menguat, dan indeks dolar naik 0,2 persen setelah berita.

Aksi beli safe haven juga dipicu oleh berita yang membantu mengimbangi komentar dari Presiden Federal Reserve Atlanta Dennis Lockhart bahwa Amerika Serikat mungkin sejalan untuk kenaikan suku bunga segera setelah bulan depan.

Di tempat lain, data dari biro kepabeanan Swiss menunjukkan ekspor emas Swiss turun ke level terendah 18-bulan pada bulan Februari sebagai pengiriman ke konsumen emas terkemuka India, Tiongkok dan Hong Kong merosot dari bulan sebelumnya.

Sedangkan harga Perak berjangka naik 0,18 persen pada $ 15,88 per ons, harga platinum berjangka naik 1,4 persen pada $ 995,50 per ons dan harga paladium berjangka 0,49 persen lebih tinggi pada $ 605,90 per ons.

Malam nanti akan dirilis data New Home Sales AS yang diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya. Jika hasil ini terealisir akan meningkatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan masih adanya kekuatiran akibat serangan Brussels sehingga meningkatkan permintaan safe haven. Namun perlu diperhatikan pada sesi perdagangan AS, jika dollar AS terealisir menguat, akan menekan harga emas. Harga emas diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 1,250.00-$ 1,252.00, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,246.00-$ 1,244.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here