Harga Kakao ICE Naik Terpicu Pelemahan Dollar AS

500

Harga kakao berjangka berakhir naik pada akhir perdagangan Selasa dini hari (29/03). Harga komoditas bahan baku cokelat tersebut naik terpicu pelemahan dollar AS.

Dolar jatuh dari tertinggi dalam hampir dua minggu versus sekeranjang mata uang setelah data menunjukkan belanja konsumen AS naik sedikit pada bulan Februari dan secara keseluruhan inflasi mundur. Departemen Perdagangan juga merevisi turun 0,1 persen keuntungan pada bulan Januari.

Lihat : Harga Kakao Mingguan Anjlok 5 Persen Terpicu Cuaca Hujan Dan Penguatan Dollar AS

Pelemahan dollar AS membuat komoditas kakao yang dijual dalam mata uang dollar AS ini menjadi lebih murah, sehingga permintaan meningkat.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Mei 2016 yang merupakan kontrak paling aktif ditutup naik. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 8 dollar atau 0,27 persen pada posisi 2.970 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan mencermati komentar pejabat The Fed malam ini. Jika komentar hawkish, akan memicu penguatan dollar AS.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Resistance pada posisi 3.020 dollar. Jika level Resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.070 dollar. Sedangkan level Support yang akan dites jika terjadi pelemahan ada pada 2.920 dollar dan 2.870 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here