Harga Minyak Mentah Akhir Maret Naik Tipis, Kuartalan Naik 3 Persen

595

Harga minyak mentah AS ditutup sedikit lebih tinggi pada akhir perdagangan hari Kamis, dan mencatat kenaikan bulanan terbesar mereka dalam hampir satu tahun dan juga kenaikan kuartalan, dibantu oleh dolar yang lemah dan data yang menunjukkan penarikan persediaan minyak mentah di AS.

Dolar AS mencapai titik terendah pertengahan Oktober, membuat komoditas minyak dengan mata uang dollar AS ini lebih menarik bagi pemegang euro dan mata uang lainnya.

Data dari perusahaan intelijen pasar Genscape menunjukkan penarikan 807.496 barel dalam persediaan di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk minyak mentah berjangka AS dalam pekan hingga 29 Maret, kata para pedagang.

Persediaan di Cushing telah surut dari rekor tertinggi selama dua minggu berturut-turut, dengan data pemerintah AS pada Rabu menunjukkan penarikan 272.000 barel dalam pekan yang berakhir 25 Maret.

Jumlah stok minyak mentah AS, bagaimanapun, naik 2,3 juta barel pekan lalu menjadi 534.800.000 barel, rekor tertinggi selama seminggu ketujuh berturut-turut.

Harga minyak mentah berjangka AS kontrak bulan depan ditutup naik 2 sen atau 0,05 persen, pada $ 38,34 per barel, setelah jatuh ke $ 37,57, terendah sejak 16 Maret. Minyak mentah WTI juga mencatat kenaikan 13 persen pada Maret dan 3 persen untuk kuartal pertama tahun 2016 ini.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 31 sen menjadi $ 39,57 per barel. Kontrak Juni Brent, yang akan menjadi kontrak bulan depan pada Jumat, naik 1,3 persen. Pada basis bulanan, Brent bulan depan berada di jalur untuk keuntungan 10 persen untuk Maret – yang terbaik sejak April 2015 – dan kenaikan 6 persen pada kuartal pertama.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Retreat Tergerus Kelebihan Pasokan

Produksi minyak mentah OPEC naik pada Maret untuk 32.470.000 barel per hari dari 32.370.000 barel per hari pada bulan Februari, kata survei Reuters.

Dalam sebuah jajak pendapat Reuters terpisah, analis minyak mengangkat perkiraan harga rata-rata mereka untuk 2016 untuk pertama kalinya dalam 10 bulan tetapi memperingatkan reli bisa memudar dalam waktu dekat.

Analis juga memperkirakan pertemuan produsen minyak utama di Doha pada 17 April untuk membahas pembekuan produksi akan jauh dari harapan.

“Ada risiko yang jelas kekecewaan dan kemunduran sementara harga menjelang atau segera setelah pertemuan Doha,” Carsten Fritsch, analis komoditas di Commerzbank, mengatakan kepada Forum Minyak Reuters global.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi melemah dengan sentimen kekenyangan pasokan global. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 37,80-$ 37,30, dan jika harga rebound akan menembus kisaran Resistance $ 38,80-$ 39,30.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here