Bursa Wall Street Ditutup Negatif Terganjal Pelemahan Minyak Mentah

779

Bursa Saham AS ditutup turun pada akhir perdagangan Senin tertekan penurunan harga minyak mentah menenggelamkan keuntungan di saham perawatan kesehatan.

Harga minyak mentah berjangka AS menetap di dekat posisi terendah sesi di $ 35,70 per barel, turun $ 1,09 atau 2,96 persen.

Lihat : Harga Minyak Mentah Jatuh 3 Persen Dengan Keraguan Pembekuan Produksi

Indeks utama rata-rata datang dari posisi terendah sesi saat ditutup. Sektor material dan industri masih berakhir hampir 1 persen lebih rendah untuk memimpin saham pada indeks S & P 500 yang turun.

Sektor kesehatan ditutup naik 1 persen dan sektor telekomunikasi naik hampir 0,7 persen sebagai hanya dua sektor dari indeks S & P 500 yang menguat.

Indeks Dow transportasi ditutup 0,9 persen lebih rendah setelah sempat jatuh lebih dari 1 persen dengan saham JetBlue yang tertinggal terbesar.

IShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) membukukan kemenangan beruntun tiga hari dengan keuntungan 0,9 persen. Namun, ETF berakhir baik dari tertinggi sesi karena sebelumnya naik lebih dari 2 persen sejak Januari 28. Secara tahunan, IBB masih 20 persen lebih rendah.

Saham Edwards Lifesciences melonjak 16,86 persen menjadi ditutup setelah sebelumnya mencapai posisi baru tertinggi. Beberapa broker menaikkan peringkat mereka di saham setelah sebuah penelitian menunjukkan katup jantung implan kurang invasif lebih unggul untuk membuka operasi, kata Reuters.

Saham Apple ditutup naik 0,99 persen. Saham gagal ditutup di atas rata-rata bergerak 200 hari setelah mencapai puncak dalam perdagangan intraday untuk pertama kalinya sejak 5 November

Indeks komposit Nasdaq masih dibawah S & P dan Dow setelah saham Facebook turun 3 persen menjadi $ 112,55 per saham. Deutsche Bank mengatakan hari Senin menyatakan hasil kuartal pertama Facebook mungkin menurun namun mempertahankan positif pandangan jangka panjang dengan memberikan rating  “membeli” dan target harga $ 145, menurut StreetAccount.

Saham teknologi besar lainnya seperti Amazon.com, Intel dan Alphabet juga membebani Nasdaq.

Hasil Treasury diselenggarakan campuran, dengan hasil 2 tahun lebih tinggi di dekat 0,74 persen dan yield 10-tahun sedikit berubah sekitar 1,77 persen.

Indeks dolar AS diadakan sedikit lebih rendah, dengan euro di $ 1,14 dan yen di ¥ 111,3 terhadap greenback.

Komite Pasar Terbuka Federal anggota voting, Presiden Fed Boston Eric Rosengren mengatakan ia percaya kemungkinan akan sesuai untuk melanjutkan jalan pengetatan bertahap lebih cepat dari yang tersirat oleh pasar keuangan berjangka. Dia menambahkan “AS telah melewati guncangan asing cukup baik” dan bahwa risiko dari luar negeri berkurang.

Lihat : Presiden Fed Boston Dukung Kenaikan Suku Bunga Lebih Cepat

Dalam berita ekonomi, pesanan pabrik turun 1,7 persen pada Februari. Salah satu laporan utama minggu ini adalah pertemuan rilis Fed pada hari Rabu.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 55,75 poin, atau 0,31 persen, di 17,737.00, dengan penurunan tertinggi saham Nike dan saham Pfizer yang naik tertinggi.

Indeks S & P 500 ditutup turun 6,65 poin, atau 0,32 persen, pada 2,066.13, dengan sektor material memimpin delapan sektor yang lebih rendah dan sektor perawatan kesehatan dan telekomunikasi yang tertinggi.

Indeks Nasdaq ditutup turun 22,75 poin, atau 0,46 persen, pada 4,891.80.

Lihat : Bursa Wall Street Akhir Pekan Positif, Dow Jones Berakhir Tertinggi 4 Bulan

Malam nanti akan dirilis data indikator ekonomi yang mixed. Balance Of Trade Februari diindikasikan menurun. ISM Non Manufacturing PMI Maret diindikasikan naik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya bursa Wall Street akan bergerak mixed dengan data ekonomi yang mixed, namun akan ditentukan juga oleh pernyataan dari beberapa pejabat The Fed dan pergerakan harga minyak mentah.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here