Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Melonjak 6 Persen, Mingguan Naik 7 Persen

703

Harga minyak mentah melonjak lebih dari 6 persen pada penutupan perdagangan akhir pekan Jumat, membukukan kenaikan mingguan terbesar sejak Februari, terbantu penarikan persediaan minyak mentah AS memberikan harapan bahwa kelebihan pasokan global berkurang dan mendekati titik balik.

Persediaan minyak mentah AS turun hampir 5 juta barel pekan lalu dibandingkan perkiraan analis untuk peningkatan 3,2 juta barel, data pemerintah menunjukkan.

Penutupan pipa minyak mentah Keystone yang memberikan minyak untuk Cushing juga memberikan kontribusi untuk penurunan lebih dari 480.000 barel pada titik pengiriman Oklahoma untuk minyak mentah berjangka AS dalam lima hari hingga Selasa, data dari perusahaan intelijen pasar Genscape menunjukkan.

Jumlah kilang minyak yang beroperasi di ladang minyak AS juga turun 8 menjadi total 354 pada minggu sebelumnya, perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes mengatakan Jumat. Pada saat ini tahun lalu, pengebor memiliki 760 kilang minyak.

Pemeliharaan musim panas di daerah Laut Utara yang membentuk dasar dari patokan Brent juga membantu meningkatkan harga dalam jangka pendek.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) kontrak bulan depan menetap di $ 39,72 per barel, naik $ 2,46, atau 6,6 persen, dan memperoleh kenaikan 7,96 persen untuk seminggu.

Sedangkan harga minyak mentah berjangkan patokan Internasional Brent naik $ 2,38, atau 6 persen, pada $ 41,81 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik Tipis Terbantu Positifnya Data Ekonomi AS Dan Jerman

Untuk minggu ini, kedua patokan minyak mentah tersebut berada di jalur untuk naik sekitar 7 persen, sebagian besar mereka sejak pekan yang berakhir 4 Maret.

Harga bensin dan solar AS rally bersama dengan minyak mentah, naik masing-masing lebih dari 5 persen. Bensin telah menjadi salah satu pilar terkuat dari dukungan untuk minyak mentah AS tahun ini. Ultra low sulfur diesel, juga dikenal sebagai minyak pemanas, telah kembali pulih minggu ini pada perkiraan cuaca musiman dingin sepanjang akhir April.

Rebound di pasar keuangan juga mendorong optimisme permintaan. Federal Reserve AS mengatakan negara itu pada jalur pertumbuhan ekonomi yang maju, sementara lembaga pemeringkat Moody mengatakan Jerman, ekonomi terbesar Eropa, akan melihat percepatan sedikit dalam pertumbuhan menjadi 1,8 persen.

Beberapa pedagang juga mengutip optimisme atas pertemuan mendatang produsen minyak utama di Doha pada bulan April yang dimaksudkan untuk menggerakkan rencana untuk membekukan produksi di tingkat tertinggi bulan Januari.

Produksi minyak Rusia bisa jatuh pada bulan April, sumber mengatakan, sementara menteri energi negara menyatakan harapan bahwa negara-negara produsen bisa menyetujui pembekuan.

Namun, beberapa memperingatkan bahwa harga minyak bisa jatuh lagi, terseret oleh kekenyangan yang akan memerlukan waktu untuk membereskan lonjakan produksi di luar Amerika Serikat, terutama di bagian Timur Tengah.

Irak mengatakan pada hari Kamis bahwa ekspor dari pelabuhan selatan yang telah mencapai hampir 3,5 juta barel per hari pada April, naik dari rata-rata 3,29 juta barel per hari pada bulan Maret, menempatkan keraguan pada kelayakan pertemuan untuk mempertahankan tingkat produksinya.

Iran, yang terbebas dari sanksi internasional yang melumpuhkannya pada bulan Januari yang telah memotong ekspor minyak mentah untuk sedikit lebih dari 1 juta barel per hari, mengatakan pihaknya hanya akan berpartisipasi dalam pembekuan produksi setelah harga minyak mereka kembali ke tingkat pra-sanksi dari 4 juta barel per hari, memudarkan setiap harapan bahwa kelebihan pasokan dapat dikendalikan segera.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi mempertahankan penguatan dengan optimisme penurunan kekenyangan pasokan global dan harapan pembekuan produksi. Namun perlu diperhatikan perkembangan bursa global dan dollar AS, yang juga dapat memberikan  pengaruh bagi harga minyak mentah global. Harga diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 40,20-$ 40,70, dan jika berbalik turun akan menembus kisaran Support $ 39,20-$ 38,70.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here