Akhir Bursa Wall Street Naik Tertinggi Tahun 2016

634

Bursa Saham AS ditutup naik lebih 1 persen pada akhir perdagangan Rabu, terdorong kenaikan saham sektor keuangan.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup sekitar 187 poin lebih tinggi pada tingkat tertinggi sejak November 6. Indeks S & P 500 dan Nasdaq juga ditutup pada tingkat tertinggi tahun ini sejauh ini, akan kembali pada posisi masing-masing 29 Desember dan 31 Desember.

Indeks Dow transportasi ditutup naik 2,6 persen, kinerja harian terbaik sejak 17 Maret. Semua konstituen naik dengan saham Avis naik tertinggi 7,5 persen.

Sektor Keuangan rally 2,25 persen untuk memimpin indeks S & P yang menguat, dengan ETF SPDR S & P Bank (KBE) melompat 3,74 persen untuk kenaikan hari keempat berturut-turut. Sektor Keuangan adalah yang terbaik dalam indeks S & P, tetapi yang terburuk untuk tahun sejauh ini, turun 3,9 persen.

Saham Goldman Sachs, Caterpillar dan JPMorgan Chase adalah kontributor tertinggi kenaikan di Indeks Dow Jones. JPMorgan diperdagangkan lebih dari 4 persen lebih tinggi setelah melaporkan laba kuartal pertama yang mengalahkan pada kedua bagian atas dan garis bawah. Namun, laba kuartalan jatuh untuk pertama kalinya dalam lima kuartal dan pendapatan dari investasi perbankan turun 24,5 persen, kata Reuters.

Indeks Nasdaq mengungguli, meningkat 1,55 persen dengan saham Apple dan Amazon.com sebagai saham teknologi utama yang mengarah lebih tinggi dan iShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) mendapatkan 1,91 persen.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Positif Terbantu Kenaikan Harga Minyak Mentah

Saham Eropa naik lebih dari 2,5 persen, dengan Indeks Stoxx 600 Eropa Bank melonjak lebih dari 6 persen.

Saham Asia melonjak, dengan indeks Nikkei 225 naik 2,8 persen. Indeks Hang Seng melonjak hampir 3,2 persen dan indeks Shanghai naik 1,4 persen.

Dalam kenaikan pertama sejak Juni, ekspor Tiongkok dalam mata uang dolar naik 11,5 persen pada Maret dari periode yang sama tahun lalu, pulih dari penurunan 25,4 persen pada Februari. Impor jatuh kurang dari yang diperkirakan 7,6 persen dalam hal dan volume komoditas yang paling utama, terutama tembaga dan bijih besi dalam mata uang dolar, sangat naik, kata Reuters. Tembaga naik hampir 1 persen.

Harga minya mentah berjangka AS untuk pengiriman Mei naik 0,97 persen lebih tinggi, atau 41 sen, di $ 41,76 per barel.

Sebelumnya, minyak berjuang untuk keuntungan, sempagt naik ke $ 42 per barel untuk mencapai tertinggi baru untuk tahun ini sejauh ini. Persediaan minyak mentah mingguan dari EIA menunjukkan 6,6 juta barel kenaikan, sementara produksi AS turun di bawah 9 juta barel per hari untuk pertama kalinya sejak akhir 2014.

Hasil Treasury datang dari tertinggi, dengan yield 2-tahun di dekat 0,74 persen dan yield 10-tahun sekitar 1,76 persen. Sebelumnya, kedua yield mencapai tertinggi sejak 1 April.

Indeks dolar AS sekitar 0,9 persen lebih tinggi, dengan euro dekat $ 1,128 dan yen di ¥ 109,28 terhadap greenback. Sebelumnya, euro mencapai titik terendah terhadap dolar dalam dua minggu.

Dalam berita ekonomi, persediaan bisnis Februari turun 0,1 persen. Persediaan pada bulan Januari direvisi turun untuk menunjukkan penurunan 0,1 persen bukan keuntungan yang dilaporkan sebelumnya 0,1 persen.

Penjualan ritel tak terduga turun 0,3 persen pada Maret setelah tidak berubah pada bulan Februari. Penjualan ritel selain mobil, bensin, bahan bangunan dan jasa makanan, naik 0,1 persen setelah direvisi naik 0,1 persen bulan sebelumnya.

Indeks harga produsen turun 0,1 persen pada Maret, menyusul penurunan 0,2 persen pada Februari. Layanan selain pangan, energi dan perdagangan, PPI tidak berubah dari bulan sebelumnya dan naik 0,9 persen dalam 12 bulan sampai Maret.

Data lainnya yang dirilis Rabu termasuk Fed Beige Book, mengatakan ekonomi AS terus berkembang dari akhir Februari sampai awal April dan tingkat pengangguran yang rendah tampaknya memacu kenaikan pertumbuhan upah.

Upah meningkat di semua kecuali satu dari 12 wilayah bank daerah Fed dan beberapa melaporkan tanda-tanda kenaikan pertumbuhan upah, demikian dinyatakan bank sentral AS dalam laporan Beige Book.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 187,03 poin, atau 1,06 persen, ke 17,908.28, dengan kenaikan tertinggi saham JPMorgan Chase, sedangkan saham Coca-Cola yang tertinggal terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup naik 20,70 poin, atau 1,00 persen, pada 2,082.42, dengan sektor keuangan memimpin tujuh sektor yang lebih tinggi, sedangkan sektor  telekomunikasi yang tertinggal terbesar.

Indeks Nasdaq ditutup naik 75,33 poin, atau 1,55 persen, pada 4,947.42.

Malam nanti akan dirilis data inflasi Maret AS, yang secara tahunan diindikasikan meningkat. Sedangkan inflasi inti Maret AS diindikasikan stabil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak naik jika data Inflasi terealisir meningkat. Namun tetap akan mencermati pergerakan bursa global, khususnya bursa Tiongkok dan harga minyak mentah yang akan mempengaruhi pergerakan bursa Wall Street selanjutnya.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here