Harga Batubara Rotterdam Retreat Tertekan Penurunan Minyak Mentah

579

Pada akhir perdagangan Kamis dini hari (14/04), harga batubara Rotterdam berakhir negatif tertekan turunnya harga minyak mentah.

Harga minyak mentah turun pada penutupan perdagangan hari Rabu, setelah pemerintah AS melaporkan peningkatan yang lebih besar dari persediaan minyak mentah mingguan AS dibandingkan perkiraan

Administrasi Informasi Energi AS melaporkan persediaan minyak mentah AS meningkat 6,6 juta barel, sehingga total dalam penyimpanan menjadi 536.500.000 barel pada minggu sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir turun 41 sen, atau 0,97 persen, pada $ 41,76, setelah naik ke posisi tertinggi 2016 pada $ 42,42.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 61 sen ke $ 44,08 per barel, setelah sempat naik ke posisi tertinggi 2016 baru pada $ 44,94.

Lihat : Harga Minyak Mentah Berakhir Turun Tertekan Peningkatan Pasokan AS

Dengan pelemahan harga minyak mentah tersebut, harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Juli 2016 turun di posisi 44,05 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penurunan sebesar -0,05 dollar atau setara dengan -0,11 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Lihat : Harga Batubara Rotterdam ICE Terangkat Lonjakan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi turun dengan sentimen negatif kekenyangan persediaan minyak mentah yang akan melemahkan minyak mentah. Namun bisa terangkat jika ada optimisme dalam kesepakatan pembekuan produksi minyak mentah.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level support pada posisi 43,50 dollar dan support kedua di level 43,00 dollar. Sedangkan level resistance yang akan diuji jika terjadi peningkatan harga ada pada posisi 44,50 dollar dan 45,00 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here