Bursa Wall Street Berakhir Mixed; Dow Jones Dan S&P 500 Tertinggi 2016

469

Bursa Saham AS ditutup mixed pada akhir perdagangan hari Selasa, di tengah kenaikan harga minyak yang dibayangi penurunan dalam sektor teknologi dan konsumen saham.

Indeks S & P 500 dan indeks Dow Jones Industrial Average ditutup pada tingkat tertinggi tahun ini, sekitar 1,6 persen di bawah level tertinggi intraday 52-minggu mereka. Indeks Dow Transport ditutup naik hampir 1,3 persen ke dalam 10 persen dari 52 minggu intraday tinggi, keluar dari wilayah koreksi.

Indeks S & P ditutup di atas level psikologis 2.100 untuk pertama kalinya sejak 1 Desember 2015, sementara indeks Dow Jones tetap di atas 18.000 tingkat atasnya Senin.

Indeks Nasdaq ditutup 0,4 persen lebih rendah dengsn saham Netflix anjlok hampir 13 persen setelah melaporkan pertumbuhan pelanggan yang lebih rendah dari perkiraan untuk kuartal kedua. Saham Illumina jatuh 23 persen setelah melaporkan pendapatan di bawah ekspektasi dan perkiraan pertumbuhan pendapatan paling lambat dalam empat tahun.

Saham Alphabet, Amazon.com dan Apple juga membebani Nasdaq. Saham Tesla turun 2,5 persen.

Saham IBM ditutup turun 5,59 persen, terhitung sekitar 57 poin dari Dow. Pendapatan IBM terus menurun dan perusahaan tidak menaikkan proyeksi setahun penuh. Saham masih naik lebih dari 4,5 persen secara tahunan.

Penurunan teknologi informasi sempat menyeret S & P ke dalam wilayah negatif. Indeks ditutup lebih tinggi setelah sektor material melonjak 2 persen, diikuti oleh keuntungan dari masing-masing lebih dari 1 persen pada sektor energi dan keuangan. Sektor Energi dan bahan sebagai pemain yang terburuk dalam indeks S & P selama 12 bulan terakhir, sementara sektor keuangan pindah dari ketiga terburuk untuk keempat terburuk di penutupan.

Saham Goldman Sachs ditutup naik 2,28 persen menjadi yang paling tinggi menyumbang keuntungan di indeks Dow. Perusahaan melaporkan laba kuartal pertama yang atasnya menurunkan harapan Wall Street, tapi menandai kuartal keempat berturut-turut penurunan keuntungan sebagai volatilitas pasar memukul perdagangan obligasi dan investasi bisnis perusahaan perbankan. Pendapatan anjlok sekitar 40 persen dari periode tahun lalu dan meleset dari perkiraan. Saham turun lebih dari 9 persen untuk tahun ini sejauh ini.

Harga minyak mentah berjangka AS untuk pengiriman Mei ditutup naik $ 1,30, atau 3,27 persen, pada $ 41,08 per barel, memecahkan kekalahan beruntun empat hari.

Laporan triwulan lainnya termasuk Johnson & Johnson, yang ditutup naik lebih dari 1,5 persen setelah melaporkan laba yang naik, sedangkan pendapatan sesuai perkiraan. Perusahaan juga menaikkan perkiraan setahun penuh.

UnitedHealth melaporkan laba yang mengalahkan pada kedua bagian atas dan garis bawah, dan menaikkan perkiraan setahun penuh. Saham ditutup naik 2,1 persen dan merupakan kontributor tertingi kedua keuntungan di Dow.

Dalam berita ekonomi, housing starts turun lebih dari yang diperkirakan 8,8 persen pada Maret ke laju tahunan yang disesuaikan secara musiman 1,09 juta unit, level terendah sejak Oktober, menurut Reuters, mengutip Departemen Perdagangan. Izin bangunan turun 7,7 persen ke tingkat 1,09 juta unit bulan lalu, tingkat terendah sejak Maret tahun lalu.

Hasil Treasury diperdagangkan lebih tinggi, dengan yield 2-tahun di 0,76 persen dan yield 10-tahun di dekat 1,79 persen.

Indeks dolar AS sekitar 0,4 persen lebih rendah, dengan euro dekat $ 1,136 dan yen di ¥ 109,18 terhadap greenback.

Senin, Presiden Fed Boston Eric Rosengren menegaskan dalam sebuah laporan Reuters bahwa Federal Reserve menetapkan suku bunga kenaikan lebih cepat dibandingkan perkiraan harga pasar berjangka, yang hanya melihat satu kenaikan suku bunga di beberapa tahun ke depan.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 49,44 poin, atau 0,27 persen, di 18,053.60, dengan kenaikan tertinggi saham Goldman Sachs dan saham IBM penurun terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup naik 6,46 poin, atau 0,31 persen, pada 2,100.80, dengan sektor material memimpin delapan sektor yang lebih tinggi. Sektor konsumen discretionary dan teknologi informasi yang menurun.

Indeks Nasdaq ditutup turun 19,69 poin, atau 0,40 persen, pada 4,940.33.

Lihat : Bursa Wall Street Positif; Dow Jones Tembus Level 18000

Malam nanti akan dirilis data Existing Home Sales Maret yang diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya.

Juga malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan oleh pemerintah AS yang diindikasikan menurun. Jika terealisir akan mengangkat harga minyak mentah.

Jika kedua hasil ini terealisir sesuai indikasi, maka akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan menguat jika penngkatan data Existing Home Sales dan kenaikan harga minyak mentah terealisir.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here