Harga Batubara Rotterdam ICE Terangkat Kenaikan Minyak Mentah

570

Pada akhir perdagangan Rabu dini hari (27/04), harga batubara Rotterdam naik, terdukung kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah melonjak sekitar 3 persen pada akhir perdagangan hari Selasa karena pelemahan dolar AS. Harga Minyak mentah berjangka AS naik $ 1,40, atau 3,3 persen, pada $ 44,04 per barel, hasil akhir terbaik sejak November. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent kontrak bulan depan diperdagangkan naik $ 1,22, atau 2,7 persen, pada $ 45,70 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik Sekitar 3 Persen Terdukung Pelemahan Dollar AS

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak bulan Juni 2016 berada di posisi 46,80 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,45 dollar atau setara dengan 0,97 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.  

Lihat : Harga Batubara Rotterdam ICE Tergerus Pelemahan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah dengan penurunan harga minyak mentah yang tertekan kekuatiran kelebihan pasokan global dipicu peningkatan persediaan minyak mentah AS.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Support pada posisi 46,30 dollar dan Support kedua di level 45,80 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 47,30 dollar dan 47,80 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here