Bursa Wall Street Berakhir Turun Tertekan Sentimen Yen Dan Manufaktur Tiongkok

641

Bursa Saham AS ditutup lebih rendah pada akhir perdagangan hari Selasa setelah yen menguat terhadap dolar AS dan kekhawatiran pertumbuhan global baru dari data manufaktur Tiongkok yang lebih lemah dari perkiraan.

Indeks Nasdaq berakhir lebih dari 1 persen lebih rendah untuk penutupan terendah sejak 14 Maret .

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup sekitar 140 poin lebih rendah setelah sesi berombak. Goldman Sachs berkontribusi paling besar untuk penurunan, sedangkan kontributor keuntungan adalah Apple, yang ditutup naik 1,6 persen untuk mengalahkan delapan hari penurunan beruntun pertama sejak tahun 1998.

Euro datang dari tertinggi setelah naik $ 1,16 ke tingkat yang tidak terlihat sejak Agustus lalu, sementara yen terkuat terhadap dolar AS sejak Oktober 2014. Indeks dolar pulih dari posisi terendah 15-bulan setelah jatuh setengah persen Senin untuk penurunan keenam berturut.

Hasil Treasury jatuh, dengan yield 2-tahun sekitar 0,75 persen dan yield 10-tahun sekitar 1,80 persen.

Aktifitas di pabrik-pabrik Tiongkok menyusut pada April karena permintaan stagnan, memaksa perusahaan untuk memotong tajam pekerjaan, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Selasa (03/05), yang kembali menimbulkan keraguan apakah negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia tersebut akan pulih.

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI) turun menjadi 49,4 bulan lalu, di bawah ekspektasi pasar 49,9 dan turun sedikit dari bulan Maret 49,7.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Kecil Menengah Tiongkok April Menyusut

Harga minyak mentah berjangka AS turun $ 1,13, atau 2,52 persen, pada $ 43,65 per barel. Sektor Energi ditutup sekitar 2,2 persen lebih rendah sebagai terbelakang terbesar dalam S & P 500.

Indeks Dow transportasi ditutup 1,2 persen lebih rendah setelah sebelumnya jatuh lebih dari 2 persen.

Indeks dolar AS terbalik untuk menahan sedikit lebih tinggi, dengan euro dekat $ 1,151 dan yen di ¥ 106,43 terhadap greenback.

Bursa Saham Eropa ditutup lebih dari 1,5 persen lebih rendah, dengan STOXX Europe 600 Banks Indeks turun hampir 3,7 persen.

Markit / CIPS PMI manufaktur Inggris jatuh ke 49,2 pada bulan April, jatuh di bawah tingkat kritis 50,0 untuk pertama kalinya sejak bulan Maret 2013.

Pasar Jepang ditutup untuk liburan. Saham Asia lainnya ditutup sebagian besar lebih tinggi, dengan pembukaan kembali indeks Shanghai setelah akhir pekan yang panjang dengan keuntungan dari hampir 1,9 persen.

Dalam berita laba, Pfizer melampaui ekspektasi pada kedua bagian atas dan garis bawah. Raksasa obat juga mengangkat setahun penuh proyeksi laba. Saham ditutup naik 2,7 persen dan 4,4 persen secara tahunan.

AIG melaporkan laba lebih rendah dari perkiraan untuk kuartal ketiga berturut. Saham ditutup 1,15 persen lebih rendah dan turun lebih dari 9,5 persen untuk tahun ini sejauh ini.

Presiden Fed Cleveland Loretta Mester tidak membahas ekspektasi kebijakan Fed dalam komentar Selasa nya pada konferensi pasar keuangan, Dow Jones melaporkan.

Dalam tanya jawab sesi dengan wartawan, Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart mengatakan Selasa pagi dalam sebuah artikel Reuters bahwa Fed bisa mendaki dua kali tahun ini, tergantung pada kekuatan yang mendasari ekonomi. Ia tidak tegas pandangan menaikkan suku pada bulan Juni tetapi menambahkan ada saat ini tidak cukup bukti atas pertumbuhan ekonomi AS dan penguatan inflasi.

Penjualan mobil di bulan April menunjukkan kecepatan dari 17,4 juta kendaraan, menurut Autodata.

Berita ekonomi utama untuk minggu ini adalah laporan kerja pada Jumat.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 140,25 poin, atau 0,78 persen, ke 17,750.91, dengan penurunan tertinggi saham United Technologies dan saham Pfizer memimpin kenaikan.

Indeks S & P 500 ditutup turun 18,06 poin, atau 0,87 persen, pada 2,063.37, dengan sektor energi memimpin semua 10 sektor yang lebih rendah.

Indeks Nasdaq ditutup turun 54,37 poin, atau 1,13 persen, ke 4,763.22.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi AS EDP Employment Change April yang diindikasikan melemah dan Balance Of Trade yang diindikasikan tetap defisit namun menyempit. Jika hasil ini terealisir berpotesi menekan bursa saham AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya bursa Wall Street berpotensi melemah jika data ekonomi AS terealisir melemah. Namun juga akan memperhatikan pergeerakan bursa global dan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here