Bursa Wall Street Turun 1 Persen Mengabaikan Lonjakan Minyak Mentah

558

Bursa Saham AS ditutup lebih rendah di akhir perdagangan Rabu, di bawah tekanan dari mengecewakan laba perusahaan, khususnya Disney dan Macy, mengabaikan kenaikan tajam dalam minyak mentah.

Indeks Dow Jones industrial average memiliki hari terburuk sejak 11 Februari dengan penurunan 1,21 persen atau 217 poin. Saham Disney berkontribusi paling besar untuk penurunan karena hampir semua konstituen ditutup lebih rendah dan hanya saham Microsoft yang naik. Penurunan saham Wal-Mart, Home Depot dan Nike juga menekan indeks.

Indeks S & P 500 ditutup 0,96 persen lebih rendah untuk hari terburuk sejak 7 April dengan saham konsumen memimpin sembilan sektor yang lebih rendah dengan penurunan hampir 2 persen pada hari terburuknya sejak 5 Februari.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Naik Lebih 1 Persen Terdukung Lonjakan Minyak Mentah

Saham Disney ditutup 4,04 persen lebih rendah, membukukan hari terburuk sejak 15 Januari. Saham Macy ditutup turun hampir 15,2 persen dan Fosil ditutup hampir 29,1 persen lebih rendah setelah melaporkan laba.

Disney melaporkan laba terendah dalam lima tahun, sedangkan pendapatan juga di bawah perkiraan. Faktor yang mempengaruhi hasil termasuk penurunan pendapatan iklan ESPN dan biaya pra-pembukaan yang lebih tinggi di Shanghai Disney Resort, kata perusahaan itu.

Pendapatan studio untuk kuartal meningkat 22 persen menjadi $ 2100000000, didukung oleh keberhasilan box-office dari “Star Wars: The Force Awakens” dan film animasi “Zootopia,” kata Reuters.

Macy menurunkan proyeksi setahun penuh, dengan CEO Terry J. Lundgren mencatat “kelemahan lanjutan” dalam belanja konsumen dalam siaran pers. Pendapatan kuartalan melampaui ekspektasi, sedangkan pendapatan datang di bawah perkiraan.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup naik $ 1,57, atau 3,52 persen, pada $ 46,23 per barel, tertinggi dalam enam bulan. Minyak berbalik lebih tinggi dan keuntungan diperpanjang setelah laporan persediaan mingguan EIA menunjukkan penurunan dari 3,4 juta barel, dibandingkan ekspektasi sedikit kenaikan.

Lihat : Harga Minyak Mentah Melonjak Tertinggi 6 Bulan

Dalam berita perusahaan lain, Staples dan Office Depot mengakhiri kesepakatan merger mereka yang direncanakan setelah hakim berpihak Federal Trade Commission dalam upaya untuk memblokir kesepakatan atas alasan persaingan. Perusahaan tidak berencana untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Saham Office Depot anjlok hampir 40,4 persen untuk hari terburuk sejak IPO pada tahun 1988. Staples ditutup 18,3 persen lebih rendah.

Indeks dolar AS turun sekitar setengah persen, menyusul enam hari beruntun kemenangan pertama sejak April tahun lalu. Euro terakhir di dekat $ 1,143 dan yen sekitar ¥ 108,4 terhadap greenback.

Hasil Treasury yang lebih rendah, dengan yield 2-tahun sekitar 0,72 persen dan yield 10-tahun di dekat 1,73 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 217,23 poin, atau 1,21 persen, di 17,711.12, dengan penurunan tertinggi saham Walt Disney dan saham Microsoft sebagai satu-satunya yang naik.

Indeks S & P 500 ditutup turun 19,93 poin, atau 0,96 persen, pada 2,064.46, dengan sektor konsumen memimpin sembilan sektor yang lebih rendah dan sektor utilitas satu-satunya pemenang.

Indeks Nasdaq ditutup turun 49,19 poin, atau 1,02 persen, pada 4,760.69. IShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) kehilangan 3 persen. Penurunan saham Apple dan Gilead Sciences juga menekan, sedangkan saham Amazon.com dan Electronic Arts adalah di antara beberapa yang naik.

Malam nanti akan dirilis data Initial Jobless Claim yang diindikasikan menurun. Jika hasil ini terealisir dapat membantu penguatan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street pada perdagangan malam nanti akan bergerak positif jika data ekonomi terealisir positif, namun akan juga mencermati pergerakan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Wall Street.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here