Bursa Tokyo 18 Mei Turun Tipis Tertekan Kekuatiran Suku Bunga AS

378
indeks nikkei

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Rabu (16/05), indeks Nikkei berakhir turun tipis 0,05 persen, atau 8,11 poin pada 16,644.69. Kekuatiran kenaikan suku bunga AS dengan inflasi AS mendekati target The Fed sedikit mengalahkan sentimen positif percepatan pertumbuhan ekonomi Jepang.

Lihat : Indeks Nikkei 18 Mei Bergerak Naik Terdorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi Jepang, diperluas di laju tercepat dalam satu tahun selama kuartal pertama tahun 2016 ini terdorong pada konsumsi swasta yang lebih kuat dan kenaikan ekspor.

Ekonomi secara tahunan tumbuh 1,7 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini, rebound dari kontraksi 1,7 persen pada kuartal sebelumnya, menurut data dari Kantor Kabinet dirilis pada hari Rabu (18/05).

Secara kuartalan, ekonomi tumbuh 0,4 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Lihat : Ekonomi Jepang Rebound 1,7 Persen Terdorong Kenaikan Konsumsi Swasta Dan Ekspor

Biaya hidup di AS naik pada bulan April tertinggi dalam tiga tahun yang merupakan indikasi bahwa inflasi mendekati target Federal Reserve.

Harga konsumen meningkat 0,4 persen, kenaikan terbesar sejak Februari 2013, menyusul hasil sebelumnya 0,1 persen pada Maret, sebuah laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan hari Selasa (17/05) di Washington. Inflasi inti, yang mengeluarkan biaya makanan dan energi, naik 0,2 persen setelah naik 0,1 persen bulan sebelumnya.

Lompatan terbesar dalam harga bensin di hampir empat tahun memimpin rebound dalam biaya bahan bakar yang meletakkan dasar untuk inflasi secara keseluruhan untuk naik lebih tinggi, sementara sedikit melemah dalam dolar akan mendukung kenaikan harga inti ke tingkat mendekati target 2 persen The Fed. Sebuah pasar penguatan kerja juga membantu meningkatkan gaji, yang dapat mendorong perusahaan untuk menaikkan harga.

Lihat : Tingkat Inflasi AS April Melonjak Tertinggi 3 Tahun

Pada akhir perdagangan hari ini, saham-saham eksportir mixed. Saham Toyota naik 1,28 persen, saham Honda turun 1,24 persen, saham Nissan turun 1,43 persen.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau naik 40,00 poin atau 0,24% pada 16,630, naik dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 16,590.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati risalah FOMC yang jika bernada hawkish akan menekan bursa Jepang. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 16,107-15,648, dan kisaran Resistance 17,118-17,670.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here