Bursa Wall Street Berakhir Mixed Setelah Rilis Risalah FOMC

702

Saham AS ditutup mixed dengan sebagian besar menguat pada akhir perdagangan hari Rabu, dengan Dow dan S & P sedikit berubah setelah risalah pertemuan Federal Reserve April mengatakan kenaikan suku bunga Juni adalah mungkin jika data ekonomi membaik.

Sektor Keuangan naik hampir 1,9 persen untuk memimpin indeks S & P 500 yang menguat, sementara sektor utilitas adalah yang turun terbesar. Saham Goldman Sachs dan JPMorgan Chase memberikan kontribusi paling besar untuk keuntungan di Dow Jones Industrial Average, sementara Wal-Mart memiliki dampak negatif terbesar. Saham jatuh 3 persen menjelang pendapatannya pada Kamis pagi.

The Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni jika data ekonomi pertumbuhan kuartal kedua lebih kuat serta inflasi dan pasar kerja menguat, demikian rilis dari risalah pertemuan kebijakan April bank sentral AS yang dirilis dinihari tadi Kamis (19/05).

“Sebagian besar peserta menilai bahwa jika data yang masuk konsisten dengan pertumbuhan ekonomi meningkat pada kuartal kedua, pasar tenaga kerja terus menguat, dan inflasi membuat kemajuan menuju tujuan 2 persen komite, maka kemungkinan akan sesuai untuk komite untuk meningkatkan target untuk suku bunga federal pada bulan Juni, “menurut risalah.

Beberapa pembuat kebijakan mengatakan mereka khawatir pasar keuangan bisa bergolak oleh kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa dalam pemungutan suara bulan depan atau dengan kebijakan nilai tukar Tiongkok.

Lihat : Risalah FOMC : The Fed Memungkinkan Kenaikan Suku Bunga Bulan Jun

Setelah rilis menit Fed, Fed dana berjangka menandakan kesempatan 27 persen dari kenaikan suku bunga Juni, dibandingkan 16 persen di pagi hari dan 4 persen pekan lalu, menurut RBS.

Indeks S & P berakhir kurang dari 1 poin lebih tinggi, sementara Dow ditutup sekitar 3 poin lebih rendah. Dow sempat mengayunkan 100 poin lebih rendah setelah risalah.

Yield Treasury 2-tahun melonjak di atas 0,9 persen ke level tertinggi sejak pertengahan Maret, sedangkan yield 10-tahun terakhir dekat 1,85 persen.

Indeks dolar AS memperpanjang kenaikan, naik lebih dari setengah persen ke tingkat yang tidak terlihat sejak akhir Maret, dengan euro dekat $ 1,122 dan yen dekat ¥ 110,2 terhadap greenback.

Indeks komposit Nasdaq unggul, menutup setengah persen lebih tinggi. Saham Apple dan iShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) baik naik lebih dari 1 persen.

Harga minyak mentah berjangka AS turun 12 sen menjadi $ 48,19 per barel. Sebelumnya, minyak diperdagangkan lebih tinggi setelah data persediaan mingguan EIA menunjukkan peningkatan 1,3 juta barel minyak mentah, sementara stok bahan bakar lainnya menurun.

Lihat : Harga Minyak Mentah Merosot Setelah Rilis FOMC

Dalam berita perusahaan, Target melaporkan peningkatan 1,2 persen lebih rendah dari perkiraan penjualan yang sebanding, sedangkan pendapatan bersih turun menjadi $ 16200000000, terutama karena penjualan farmasi dan klinik bisnis untuk CVS Kesehatan. Proyeksi di bawah ekspektasi, dengan Target mencatat pandangan kuartal kedua “telah tertekan oleh penurunan baru-baru di tren konsumen.” Perusahaan itu mengatakan masih percaya berbagai proyeksi laba sebelum nya “dapat dicapai.” Target ditutup 7,6 persen lebih rendah, dari posisi terendah sesi.

Dalam berita laba lainnya, Staples mengalahkan sedikit di bagian atas dan bawah, tapi penjualan toko yang sama di Amerika Utara turun 4 persen, penurunan lebih besar dari analis penurunan 3,1 persen yang diharapkan. Saham ditutup 0,66 persen lebih rendah.

Pendapata Lowe di atas ekspektasi yang dilaporkan, dan peningkatan penjualan toko yang sama dari 7,3 persen jauh di atas perkiraan konsensus kenaikan 4,4 persen. Saham naik 3,3 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 3,36 poin, atau 0,02 persen, di 17,526.62, dengan penurunan tertinggi saham Wal-Mart dan Nike dan saham JPMorgan Chase pemenang atas.

Indeks S & P 500 ditutup naik 0,42 poin, atau 0,02 persen, pada 2,047.63, dengan kenaikan tertinggi sektor keuangan, teknologi dan perawatan kesehatan, sedangkan sektor utilitas yang tertinggal terbesar.

Indeks Nasdaq ditutup naik 23,39 poin, atau 0,50 persen, pada 4,739.12.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Turun Menantikan Risalah FOMC

Malam nanti akan dirilis data Jobless Claim AS yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir dapat menekan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak lemah jika sentimen hawkish kenaikan suku bunga terus berlanjut dan data jobless claim meningkat. Namun perlu dicermati pergerakan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Wall Street.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here