Harga CPO 26 Mei Bergerak Naik Terdorong Kenaikan Minyak Mentah

854

Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Kamis (26/05) terpantau naik. Kenaikan harga CPO siang ini terbantu penguatan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik di atas $ 50 per barel pada hari Kamis (26/05) untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh bulan, setelah data pemerintah AS menunjukkan penarikan lebih tajam dari perkiraan dalam stok minyak mentah pekan lalu.

Harga minyak mentah berjangka Brent telah naik 31 sen menjadi $ 50,05 per barel pada 0225 GMT, tertinggi sejak 4 November. Ini mengakhiri sesi sebelumnya naik $ 1,13, atau 2,3 persen.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka AS naik 23 sen menjadi terkuat sejak 12 Oktober di $ 49,79 per barel, setelah menetap pada sesi terakhir 94 sen lebih tinggi.

Lihat : Harga Minyak Mentah Tembus $ 50

Kenaikan harga minyak mentah menjadi dorongan sentimen positif yang mendorong harga CPO dalam trend menguat. Penguatan harga minyak mentah membuat bahan bakar alternatif seperti yang dibuat dari CPO meningkat permintaannya.

Harga CPO kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia hari ini berakhir mengalami kenaikan. Harga kontrak Agustus 2016 yang merupakan kontrak paling aktif menguat sebesar 9 ringgit dan diperdagangkan pada posisi 2.553 ringgit per ton.

Lihat : Harga CPO 25 Mei Bergerak Turun Tergerus Penguatan Ringgit

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan potensi kenaikan harga minyak mentah.

Harga CPO berjangka kontrak Agustus 2016 di bursa komoditas Malaysia berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 2.600 ringgit dan 2.650 ringgit. Sedangkan level Support yang akan dites jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 2.500 ringgit dan 2.450 ringgit.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here