Harga Emas Merosot Terendah 7 Minggu

577

Harga Emas jatuh ke tujuh minggu terendah pada akhir perdagangan hari Rabu setelah lonjakan penjualan rumah AS di sesi sebelumnya mendorong ekspektasi bahwa Federal Reserve akan terus maju dengan kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Logam mulia ini telah jatuh lebih dari 4 persen sejak menit pertemuan Fed Rabu lalu menghidupkan kembali harapan kenaikan tingkat suku bunga dalam waktu dekat. Emas sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang meningkatkan biaya kesempatan memegang aset emas ini.

Harga emas Spot turun 0,17 persen pada $ 1,224.46 per ons, sempat mencapai awal rendah $ 1,217.25.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni turun $ 5,40 pada $ 1,223.80, terakhir turun $ 4,40 pada $ 1,224.80.

Lihat : Harga Emas Turun Terendah 5 Minggu

Dolar AS mencapai tertinggi dua bulan terhadap sekeranjang mata uang pada hari Rabu pada ekspektasi The Fed akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat, meskipun menyerah keuntungan terhadap euro dengan adanya kemajuan dalam pembicaraan bailout Yunani.

Keyakinan dalam pertumbuhan ekonomi AS meningkat pada hari Selasa oleh data yang menunjukkan penjualan rumah baru AS telah mencapai tertinggi dalam delapan tahun.

Lihat : Penjualan Rumah Baru AS Melonjak Tertinggi 8 Bulan

Kepemilikan emas terbesar di dunia yang didukung ETF, SPDR Gold Trust, turun 3,9 ton pada hari Selasa untuk 868,66 ton, penurunan pertama dalam sebulan.

Di tempat lain data dari Dana Moneter Internasional menunjukkan pembeli sektor emas resmi rutin Tiongkok, Rusia dan Kazakhstan mengangkat cadangan emas mereka lagi bulan lalu, sementara Venezuela menjual lebih dari kepemilikan awal tahun ini.

Di antara logam mulia lainnya, harga perak berjangka naik 0,5 persen pada $ 16,33 per ons, setelah turun ke level terendah lima pekan dari $ 16,14 di awal sesi. Harga Palladium berjangka turun 1,07 persen pada $ 532,20 per ons, dari terendah 12-minggu $ 520,60 yang dicapai pada hari sebelumnya. Harga Platinum berjangka berada di $ 994,50 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lanjutkan penurunan dengan sentimen kenaikan suku bunga AS bulan Juni. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,222-$ 1,220, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,226-$ 1,228.

 

Freddy/ VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here