Saham Tambang Unggulan Jadi Top Losers Akhir Pekan

360

Mengakhiri perdagangan saham di pekan terakhir bulan Mei, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan   hari Jumat (27/05) berhasil rally oleh akumulasi saham unggulan yang dilakukan investor asing sebanyak Rp360 miliar.

Perdagangan hari terakhir pekan ini, IHSG ditutup naik 0,63 persen pada 4814.73 dan indeks saham unggulan LQ45 juga  ditutup naik 0,66 persen pada 826,30. Penguatan IHSG hari ini didorong oleh penguatan  9 sektor seperti  sektor  agri, consumer, property, finance, manufaktur, trade, infrastruktur, aneka industri, dan industri dasar.

Lihat:   Denyut Sektoral IHSG : Sektor Aneka Industri Naik 2 Persen, Didukung Saham MYTX

Adapun saham unggulan yang angkat  indeks 9 sektor tersebut yaitu saham  ASII, SMGR, CPIN, INTP, CTRA, ADHI, WIKA, ASRI, BBNI, BBRI, BBTN, BMRI, UNTR, AKRA, BMTR, AALI, ICBP, KAEF, GGRM, INDF, UNVR, EXCL, dan PGAS.  Sedangkan saham unggulan di 9 sektor   yang berusaha pangkas  IHSG yaitu saham PTPP, BBCA, LSIP, TLKM, dan JSMR.

Sektor yang melemah sendiri pada akhir perdagangan terpantau sektor mining yang dilemahkan oleh mayoritas saham-saham unggulan seperti ADRO, INCO, dan ANTM. Sektor mining berakhir  turun 0,28%  setelah perdagangan sebelumnya menguat  2,1  persen, dan  saham-saham yang berusaha  angkat  sektor ini  yaitu saham ITMG dan PTBA.

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here