Harga Gula ICE 31 Mei Kemungkinan Turun Dengan Potensi Dollar AS Menguat

921

Perdagangan gula berjangka ICE pada hari Senin kemarin libur memperingati Memorial Day.

Pada perdagangan sebelumnya di akhir pekan, harga gula berjangka berakhir naik dipicu peningkatan permintaan gula di India.

Kepala Executive Sakthi Sugars India, M Manickam mengatakan harga tidak mungkin turun dengan impor. Manickam mengatakan sedang melihat 26 juta ton permintaan tahunan dalam tahun berjalan. Permintaan diperkirakan akan tumbuh sebesar 2,5 persen per tahun. Dia melihat konsumsi naik 1,5 juta ton setiap tahun karena pertumbuhan penduduk dan peningkatan konsumsi.

Pada penutupan perdagangan Sabtu dini hari harga gula berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak Juli 2016 terpantau menguat. Harga gula berjangka paling aktif tersebut ditutup naik sebesar 0,10 sen atau setara dengan 0,57 persen pada posisi 17,52 sen per pon.

Lihat : Harga Gula ICE Akhir Pekan Naik, Akumulasikan Kenaikan Mingguan 2,64 Persen

Jika pada pekan lalu harga gula naik banyak didukung oleh pelemahan dollar AS, maka pada perdagangan selanjutnya diperkirakan akan tertekan dengan potensi penguatan dollar AS.

Dari data ekonomi AS yang akan dirilis nanti malam, diindikasikan mengalami penguatan.

Indeks Harga PCE April, Personal Income dan Personal Spending April, Chicago PMI Mei, CB Consumer Confidence Mei, Dallas Fed Manufacturing Index Mei, semuanya diindikasikan meningkat. Jika hasil ini terealisir akan meningkatkan dollar AS dan berpotensi melemahkan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula berjangka ICE pada perdagangan selanjutnya berpotensi turun dengan potensi penguatan dollar AS.

Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level Support pada posisi 17,00 sen dan 16,50 sen. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 18,00  sen dan 18,50 sen.


Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here