Bursa Eropa Akhir Pekan Anjlok; Mingguan Turun 2 Persen

928

Pasar Saham Eropa ditutup melemah tajam pada akhir perdagangan akhir pekan pada hari Jumat, tertekan penurunan harga minyak mentah dan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi.

Indeks STOXX 600 Pan Eropa ditutup 2,3 persen lebih rendah, dengan semua sektor membukukan kerugian tajam. Indeks turun 2,4 persen pada pekan ini.

Indeks FTSE berakhir pada 6.115,76, turun -116,13 poin atau -1,86%

Indeks DAX berakhir pada 9.834,62, turun -254,25 poin atau -2,52%

Indeks CAC berakhir pada 4.306,72, turun -98,89 poin atau -2,24%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.490,50, turun -279,00 poin atau -3,18%

Lihat : Awal Bursa Eropa 10 Juni Tertekan Pelemahan Bursa Asia dan Minyak Mentah

Penurunan harga minyak mentah, sebagian karena penguatan dolar AS, menekan pasar saham lebih rendah di seluruh dunia. Minyak mentah Brent dan berjangka AS WTI diadakan sekitar $ 50 per barel, dengan dukungan masih berasal dari pemadaman pasokan dan permintaan kilang yang kuat.

Indeks saham AS juga diperdagangkan lebih rendah pada hari Jumat dan imbal hasil obligasi terus meluncur.

Yield 10-tahun patokan Jerman jatuh ke semua waktu rendah 0,011 persen, meninggalkan pedagang mempertimbangkan jika 0 persen atau yield negatif semakin tinggi. Hasil kemudian sedikit pulih pada akhir perdagangan Eropa.

Sentimen negatif investor juga datang dengan kekhawatiran tentang ekonomi global dan “Brexit” apakah orang di Inggris Raya akan meninggalkan Uni Eropa atau tidak.

Pada hari Jumat, Jens Weidmann, presiden bank sentral Jerman, memperingatkan bahwa jangka kebijakan ultra-longgar dari Bank Sentral Eropa (ECB) akan meningkatkan risiko mengejutkan peningkatan risiko premi, Reuters melaporkan. Ini terjadi sehari setelah Presiden ECB Mario Draghi memperingatkan “konsekuensi ekonomi seterusnya” dari tahun stagnasi ekonomi.

Di tempat lain, bank sentral Rusia memangkas suku bunga utamanya menjadi 10,5 persen dari 11 persen.

Saham Lufthansa adalah di dekat bagian bawah patokan Eropa, berakhir turun sekitar 5,6 persen, setelah maskapai Jerman mengumumkan pengunduran diri mengejutkan dari CFO Simone Menne. Dia akan mundur pada akhir Agustus.

Di antara yang berkinerja buruk lainnya adalah perusahaan rekrutmen Hays, yang berakhir 6,2 persen lebih rendah setelah Deutsche Bank memangkas target harga pada saham dan menurunkan rating menjadi “menjual”.

Saham Air France-KLM juga merosot, berakhir turun 4,5 persen setelah RBC menurunkan target harga pada saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mencermati perkembangan harga minyak mentah dan bursa Asia.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here