Harga Minyak Mentah Tertekan Kekuatan Dollar AS dan Kekuatiran Brexit

627

Harga minyak mentah jatuh untuk hari keempat pada akhir perdagangan hari Selasa di AS, tertekan penguatan dollar AS dan kekhawatiran Brexit.

Dolar AS telah meningkat sekitar 1,5 persen dari posisi terendah Juni terhadap sekeranjang mata uang, didorong oleh kekhawatiran Brexit.

Safe haven hasil Bunds Jerman jatuh di bawah nol untuk pertama kalinya, sementara komoditas industri dan pasar ekuitas, dilihat sebagai lebih rentan terhadap risiko ekonomi, turun setelah jajak pendapat menunjukkan kampanye Inggris “meninggalkan” Uni Eropa lebih besar sebelum referendum tentang keanggotaan Uni Eropa.

Lihat : Obligasi Jerman Turun Dibawah Nol Untuk Pertama Kalinya

Jika Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, prospek dijuluki “Brexit”, investor takut blok itu bisa tergelincir ke dalam resesi, yang pada gilirannya dapat melemahkan permintaan minyak.

Ini dibayangi lebih optimis perkiraan untuk pertumbuhan permintaan minyak dari Badan Energi Internasional, yang mengatakan pasar minyak pada dasarnya seimbang setelah dua tahun surplus.

Lihat : IEA : Pasar Minyak Seimbang Paruh Kedua 2016; Pangkas Perkiraan Kelebihan Pasokan

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir turun 0,8 persen lebih rendah, atau 39 sen, di $ 48,49 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent berjangka minyak mentah turun 57 sen, atau 1,1 persen, ke $ 49,78 per barel.

Kampanye untuk Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa “naik signifikan” menjelang referendum, menurut jajak pendapat dari TNS. Sebanyak 47 persen pemilih kemungkinan mengatakan mereka akan memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, dibandingkan dengan 40 persen yang ingin tinggal, menurut jajak pendapat dari 2.497 orang.

“Dolar AS yang kuat terhadap sebagian pasangan mata uang adalah penggerak arah harga negatif bagi minyak.”

Mencerminkan kegelisahan ekstrim ini, volatilitas pound melonjak ke level tertinggi dalam setidaknya 20 tahun, meningkat bahkan di luar ketinggian terlihat ketika bank investasi AS Lehman Brothers ambruk pada akhir 2008.

Hal ini menambah ketidakpastian di pasar pada dua hari pertemuan bank sentral AS sedang berlangsung.

Kekhawatiran tentang pertumbuhan Tiongkok juga membebani sentimen, cukup untuk mengatur tanda-tanda menyisihkan bullish seperti perkiraan pemerintah AS pada hari Senin bahwa produksi minyak serpih diperkirakan akan jatuh pada bulan Juli untuk bulan ketujuh berturut-turut.

Dinihari ini telah dirilis data persediaan minyak mentah AS oleh API yang menunjukkan peningkatan menjadi 1.518 M, dibandingkan perkiraan analis -1.400 M dan hasil sebelumnya -3.560 M.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak turun dengan sentimen kekuatiran Brexit dan penguatan dollar AS jika berlanjut, juga kelebihan persediaan minyak mentah AS. Harga akan menembus kisaran Support $ 48,00- $ 47,50, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 49,00 – $ 49,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here