SHIP Jadi Emiten Ke-6 2016, Saham Melonjak Diatas 60 Persen

485

Emiten ke 527 atau yang ke 6 tahun ini setelah resmi mencatatkan perdana sahamnya di bursa saham di awal perdagangan hari ini (15/6) berhasil melonjak hingga 60 persen lebih jelang akhir perdagangan sesi pertama. Emiten yang bernama PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP) resmi dibuka di posisi  157   dan kini saham bergerak di posisi 230.

Dihari pertama perdagangan sahamnya, transaksi yang terjadi berhasil memperdagangkan 458 ribu lot lebih dengan nilai valuasi mencapai Rp9,5 miliar. Harga pembukaan pagi ini berada  di batas atas kisaran harga penawaran Rp140.

Sebelum IPO proposal saham yang diajukan SHIP kepada OJK akan melepas 500 juta saham dengan nilai nominal Rp100 per saham serta harga penawaran Rp140  per saham. Dana yang terkumpul dari proses IPO  sebagian besar digunakan untuk penambahan aset dengan membeli perusahaan pelayaran pendukung hulu migas yang fokus pada proyek gas bumi lepas pantai yaitu PT Suasa Benua Sukses.

Dalam transaksi perdagangan saham yang terjadi hari ini, saham SHIP dibuka pada posisi 1550 dan jelang akhir perdagangan saham bergerak pada kisaran 1645-1500. Sebagai informasi perusahaan yang berpusat di Jakarta  ini  memiliki bisnis pelayaran penunjang industri hulu minyak dan gas, dimana perseroan memiliki 8 kapal. Sebelumnya saham perseroan dikuasai oleh PT Maxima Prima Sejahtera  dan PT Karya Sinergy Gemilang.

Lens Hu/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here