Harga Batubara Rotterdam ICE Naik Terdukung Pelemahan Dollar AS

533

Pada akhir perdagangan Kamis dini hari (23/06), harga batubara Rotterdam berakhir naik terpicu pelemahan dollar AS.

Indeks Dollar AS berakhir turun 0,57 persen pada 93.51 terhadap sekeranjang mata uang utama dunia. Pelemahan dollar AS terjadi dengan semakin menguatnya harapan Inggris untuk tetap di Uni Eropa, yang semakin menguatkan Poundsterling.

Pelemahan dollar AS membuat harga batubara rotterdam yang dijual dalam mata uang dollar AS menjadi lebih murah, sehingga permintaannya meningkat.

Harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Juli 2016 berakhir naik di posisi 57,15 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami kenaikan sebesar 2,05 dollar atau setara dengan 3,72 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Lihat : Harga Batubara Rotterdam Anjlok 3,5 Persen

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan potensi pelemahan dollar AS dengan perkiraan menguatnya suara Inggris tetap di Uni Eropa.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 57,60 dollar dan Resistance kedua di level 58,10 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 56,60 dollar dan 56,10 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here