Harga Emas Jatuh 2 Minggu Terendah Dengan Perkiraan Kemenangan Bremain

436

Harga Emas jatuh ke dua minggu terendah pada akhir perdagangan Kamis di AS karena jajak pendapat terakhir sebelum referendum Inggris pada keanggotaan Uni Eropa menunjukkan sedikit keunggulan unuk kubu Tetap atau Bremain di Uni Eropa.

Inggris memberikan suara pada hari Kamis dalam referendum yang telah membagi bangsa. Polling akan ditutup pada 5:00 EDT (2100 GMT), dengan hasil yang diharapkan pada Jumat pagi.

Jajak pendapat oleh ComRes, yang dilakukan untuk surat kabar Daily Mail dan televisi ITV, dan oleh YouGov untuk surat kabar The Times di London, menunjukkan kenaikan pada menit terakhir dalam mendukung untuk Inggris untuk tetap di Uni Eropa.

Harga emas spot turun 0,33 persen pada $ 1,261.70 per ons setelah mencapai $ 1,257.91, terendah sejak 9 Juni.

Sedangkan harga emas berjangka AS turun 0,5 persen pada $ 1,263.10 per ons, dan terakhir diperdagangkan turun 0,46 persen pada $ 1,264.40.

Logam mulia ini sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi dan keuangan. “Dalam kasus” Tinggalkan “menang, setiap kenaikan emas tidak akan tahan lama karena ini tidak akan mengakibatkan krisis ekonomi atau keuangan lebih dalam,” kata analis Julius Baer Carsten Menke, menambahkan bahwa “Tetap” pasar akan melihat harga jatuh ke level US $ 1.200.

Di pasar yang lebih luas, sterling mencapai tertinggi 2016 terhadap dolar dan saham dunia naik untuk hari kelima berjalan.

Hasil referendum Inggris juga bisa mempengaruhi keputusan AS Federal Reserve untuk mengangkat suku bunga lebih cepat daripada nanti, kata para analis.

Kepemilikan di SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, naik ke level tertinggi sejak September 2013, Rabu.

Di antara logam mulia lainnya, perak berjangka naik 0,34 persen menjadi $ 17,37 per ons dan platinum berjangka turun 1,53 persen pada $ 968,50. Palladium berjangka naik 0,4 persen pada $ 562 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi turun dengan perkiraan hasil referendum dimenangkan suara Inggris tetap di Uni Eropa. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,260-$ 1,258, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,264-$ 1,266.


Freddy/ VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here