Produksi Nikel Meningkat, Saham INCO Rally Panjang

576

Pergerakan saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) dalam sepekan ini berhasil mencetak rally panjang melanjutkan trend perdagangan pekan sebelumnya meski sempat akhir pekan lalu profit taking. Laju saham INCO cukup lumayan diminati investor asing sepekan ini dimana hari ini saja sudah Rp8,8 miliar lebih net buynya. Mantapnya laju saham INCO ini selarah dengan perbaikan kinerja bisnis perseroan yang sempat rugi besar selama 3 bulan pertama tahun ini.

Pada kuartal kedua meskipun belum dilaporkan kinerja keuangannya, namun produksi perseroan cukup meningkat dari produksi kuartal pertama. Dimana dalam 3 bulan terakhir INCO berhasil memproduksi  19.362 metrik ton nikel dalam matte, sedangkan periode serupa tahun lalu hanya 19.251 metrik ton.Demikian juga dibandingkan dengan kuratal pertama lalu meningkat, dimana pada 3 bulan pertama tahun ini hanya produksi sebanyak 16.894 metrik ton.

Melihat kembali kinerja keuangan kuartal pertama tahun ini, kerugian INCO selama periode tersebut mencapai US$ 15,42 juta  sedangkan periode yang sama tahun 2015 berhasil  mencapai laba sebesar US$ 25,05 juta. Turunnya pendapatan menjadi penyebab utama turunnya kinerja keuangan INCO yang hanya mendapatkan  US$ 108,71, lebih sedikit dari  US$ 211,9 juta tahun sebelumnya. Turunnya pendapatan ini dipicu oleh  harga nikel di awal tahun yang  terus menurun sedangkan produksi juga menurun.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham hari Jumat  (22/07) saham INCO dibuka  pada level 2550 dari  penutupan perdagangan sebelumnya di level 2500. Sampai sesi II hari ini  volume perdagangan saham  sudah  mencapai  249 ribu  lot saham   dan pergerakan saham naik  hingga lebih dari 1 persen.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham INCO perdagangan sebelumnya bergerak  bullish dengan   indikator MA  bergerak naik sedikit  dan  indikator Stochastic  konsolidasi di area jenuh beli. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik  dengan +DI bergerak datar. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi saham INCO berikutnya pada kisaran support di posisi 1820 dan level resisten di 2510.

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here