IHSG 1 Agustus Dibuka Naik Mantap 1,3 Persen

599

Indeks Harga Saham Gabungan pada awal perdagangan Senin (01/08) dibuka naik 67,84 poin atau 1,30 persen pada 5283,83. Penguatan IHSG terdorong aksi beli saham yang dipicu penguatan Rupiah dan meningkatnya realisasi investasi Indonesia.

Terpantau pagi ini Rupiah menguat terhadap dollar AS. Pasangan kurs USDIDR melemah 0,24 persen pada 13,080.

Pelemahan dollar AS meluas setelah pertumbuhan ekonomi AS kuartal kedua melambat, dibawah ekspektasi analis.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi AS Q2 Meningkat 1,2 Persen

Penguatan IHSG juga didukung optimisme ekonomi Indonesia setelah realisasi investasi Indonesia kuartal kedua cetak rekor tertinggi.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) hari Jumat (29/7) mengumumkan realisasi investasi di Indonesia periode kuartal kedua tahun ini yang berhasil mencetak rekor. Dari laporan BKPM tersebut, realisasi investasi yang masuk ke tanah air mencapai Rp151,6 triliun. Jumlah ini baru mencapai 25% dari target sepanjang tahun sebesar Rp594,8 triliun.

Jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun lalu, jumlah pencapiaan investasi periode tahun ini   hanya  naik 12,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Bagi BKPM, jumlah realisasi kuartal kedua lalu merupakan rekor tertinggi realisasi investasi di Indonesia.

Lihat : Realisasi Investasi Indonesia Kuartal Kedua Cetak Rekor

Aksi beli saham juga terjadi memanfaatkan pelemahan harga-harga saham setelah akhir pekan kemarin IHSG merosot 1,57 persen.

IHSG pada awal perdagangan terdukung oleh semua sektor yang berada di zona positif dengan penguatan tertinggi sektor Manufaktur yang melonjak 2,83%. Pada pagi ini tercatat 141 saham menguat, sedangkan 34 saham melemah. Sampai saat ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak lebih 347 juta saham dengan nilai mencapai lebih 329 miliar, dengan frekuensi perdagangan sebanyak lebih 15.000 kali.

Pagi ini aksi beli saham investor asing berlangsung. Terpantau pagi ini dana asing yang masuk ke pasar modal mencapai Rp. 28,79 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi menguat terbatas terdorong optimisme ekonomi Indonesia. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 5284-5253, dan kisaran Resistance 5347-5378.


Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here