21 Saham Unggulan Yang Jatuhkan IHSG Selasa

493

Mengakhiri perdagangan saham hari kedua pekan ini (9/8), pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan  akhirnya jatuh juga setelah 3 hari berturut rally panjang . IHSG alami profit taking yang cukup besar khususnya dari investor lokal, pasalnya investor asing kembali setor modal yang sangat besar  hingga akhir perdagangan  net buy asing sebesar Rp1,27 triliun.

IHSG ditutup turun 0,34 persen pada posisi  5440.29, namun indeks LQ 45 berhasil menghijau dan ditutup naik 0,47 persen pada 936,33.  Pelemahan  IHSG hari ini dipicu oleh pelemahan   7  sektor saham yang dipimpin oleh  sektor aneka industri dan consumer  dengan pelemahan indeks sektor  1,93% dan 0,97% masing-masing. Sektor  yang lemah  lainnya seperti  sektor infrastruktur, trade, manufaktur, agri dan finance.

Saham – saham unggulan yang ambrukkan 7 sektor tersebut hingga  masuk zona merah seperti saham  ASII, KLBF, ICBP, GGRM, INDF, KAEF, TLKM, PGAS, EXCL, TBIG, JSMR, AKRA, BMTR, LSIP, BBCA, BBNI, dan BBRI.  Sedangkan saham unggulan yang berusaha kuatkan sektor-sektor tersebut yaitu  saham UNVR, MNCN, AALI, dan BMRI.

Lihat: IHSG 9 Agustus Berakhir Lemah, Namun Raih 1 Triliun Dana Asing

Untuk 3 sektor  yang  masuk zona hijau   yaitu sektor aneka industri, mining dan property  dengan penguatan indeks sektor 2,24%,  1,45% dan 1,20% masing-masing. Saham-saham unggulan yang tinggikan 5 sektor ini yaitu saham INTP, ADRO, ITMG dan PTBA. Namun terdapat  saham unggulan yang berusaha tekan sektor ini yaitu saham ANTM, INCO, WIKA dan ADHI.

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here