Harga Minyak Mentah Turun 2 Persen Tergerus Kekuatiran Kekenyangan Pasokan

761

Harga minyak mentah berakhir pada akhir perdagangan Kamis dinihari tadi, setelah pertumbuhan persediaan minyak mentah mengimbangi penarikan bensin mingguan terbesar kedua di AS musim panas ini.

Persediaan minyak mentah AS naik 1,1 juta barel dalam pekan yang berakhir 5 Agustus, demikian laporan Administrasi Informasi Energi (EIA) AS, dalam seminggu berturut-turut dari peningkatan yang mengejutkan pasar. Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan hasil penarikan minyak mentah 1,0 juta barel.

EIA juga melaporkan bahwa persediaan bensin AS turun 2,8 juta barel pekan lalu sebagai penarikan mingguan terbesar kedua untuk bensin sejak pertengahan April. Hasil penarikan tersebut, datang meskipun kilang East Coast AS berjalan mencapai 2011 terendah, melebihi ekspektasi untuk penurunan persediaan bensin hanya 1,1 juta barel.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir turun di $ 41,71 per barel, turun 2,48 persen, atau $ 1,06.

Sedangkan harga minyak mentah patokan Internasional Brent turun $ 1,06 atau 2,3 persen, pada $ 43,93 per barel.

Bensin berjangka AS turun 3 persen, setelah awalnya mendapatkan 1 persen pada data penarikan bensin.

WTI memiliki penurunan bulanan paling tajam dalam setahun pada bulan Juli, turun 14 persen, setelah permintaan bensin untuk musim panas masih jatuh pendek dari produksi kilang. Tangki penyimpanan di seluruh dunia yang hampir penuh dengan produk minyak, sementara keuntungan kilang di Singapura telah mencapai posisi terendah dua tahun.

EIA menambahkan gambaran supply-demand bearish pada Selasa dengan perkiraan yang menunjukkan perkiraan penurunan produksi untuk minyak mentah AS pada tahun 2016.

Prospek minyak juga terpukul pada Rabu setelah No 1 eksportir minyak mentah Arab Saudi mengatakan kepada Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bahwa produksi kerajaan mencapai rekor tinggi 10,67 juta barel per hari (bph) pada bulan Juli.

Beberapa tetap positif pada harga minyak meskipun, mengutip upaya baru Venezuela untuk mengajak OPEC untuk bekerja sama dengan produsen minyak lainnya di pasar setelah upaya gagal pada April. Ketika terakhir diadakan pembicaraan tersebut pada bulan April, anggota OPEC gagal menyepakati langkah-langkah pembekuan produksi.

Administrasi Informasi Energi AS menambahkan kegelisahan pasar sebelumnya pada Selasa ketika memperkirakan penurunan kecil dalam produksi minyak mentah AS pada 2016 dibandingkan proyeksi bulan lalu sebagai aktivitas pengeboran naik.

Badan ini sekarang memperkirakan produksi minyak AS turun sebesar 700.000 barel per hari (bph) tahun ini menjadi 8,73 juta barel per hari, dibandingkan dengan 820.000-bpd drop perkiraan sebelumnya.

Sebuah produk kekenyangan global yang telah menyebabkan tangki penyimpanan dari Houston ke Singapura untuk mencapai dekat kapasitas juga membebani harga minyak, sebagai analis memperingatkan bahwa hanya pemotongan skala besar kilang yang dapat membersihkan kelebihan.

Di Singapura, keuntungan penyulingan minyak turun ke posisi terendah dua tahun pada hari Rabu, sebagai tanda terbaru bahwa industri memompa terlalu banyak bahan bakar untuk diserap pasar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah tertekan sentimen kekenyangan global. Namun perlu dicermati pergerakan retreat dollar AS semalam dapat mendukung kenaikan harga. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 41,20 – $ 40,70, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 42,20 – $ 42,70.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here