IHSG 11 Agustus Sesi 1 Naik, Raih 97 Miliar Dana Asing

570

Memasuki sesi 1 perdagangan IHSG Kamis (11/08), IHSG naik 25,74 poin atau 0,47% pada 5449,69. Kenaikan IHSG terdukung optimisme ekonomi Indonesa.

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal kedua masih menjadi sentimen positif yang meyakinkan investor untuk mangalirkan dananya ke pasar keuangan Indonesia.

Optimisme ekonomi juga didorong pelaksanaan program amnesti pajak yang terus memberikan peningkatan hasil.

Presiden Joko Widodo menegaskan penerapan program pengampunan pajak atau tax amnesty bertujuan untuk menarik investasi dan arus uang sebesar-besarnya agar bisa masuk ke negara Indonesia. Dan hal tersebut dilakukan oleh semua negara di dunia, mengingat adanya tekanan ekonomi global, yang disebabkan oleh ketidakpastian ekonomi dan geopolitik. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sosialisasi pengampunan pajak atau tax amnesty, di Rama Shinta Ballroom, Hotel Patra Jasa, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/8).

Seperti yang dilansir Kementerian Keuangan dalam websitenya, hingga saat ini, 1.810 wajib pajak telah mengikuti program amnesti pajak, dengan dana yang telah diungkap mencapai Rp11,8 triliun. “Data yang saya terima, peserta tax amnesty tercatat 1.810 orang, tapi dana yang masuk baru Rp11,8 triliun,” jelas Presiden Joko Widodo.

Lihat : Hasil Amnesti Pajak Bertambah, Deklarasi Harta Rp11,8 Triliun dari 1810 Peserta

IHSG siang ini terdukung oleh 6 sektor yang berada di zona negatif, dengan penguatan tertinggi pada sektor Konsumer yang naik 1,70%. Pada sesi 1 siang ini tercatat 172 saham menguat, sedangkan 120 saham melemah. Sampai siang ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 6,59 miliar saham dengan nilai mencapai 3,99 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 184.223 kali.

Lihat :  IHSG 11 Agustus Dibuka Naik Terdorong Program Amnesti Pajak

Siang ini aksi beli saham investor asing berlanjut. Terpantau siang ini dana asing yang masuk ke pasar modal mencapai Rp. 97,74 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi menguat terdukung penguatan Rupiah optimisme ekonomi Indonesia. Namun perlu diwaspadai aksi lanjutan profit taking. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 5420-5388, dan kisaran Resistance 5480-5512.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here