Harga Karet Tocom 12 Agustus Bergerak Naik 3 Persen

530

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi siang Jumat (12/08) bergerak naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Januari 2017 menguat terbantu kenaikan harga minyak mentah.

Kenaikan harga karet Tocom juga didukung kenaikan minyak mentah pada sesi perdagangan Asia.  

Harga minyak mentah naik tipis pada awal perdagangan Jumat, di sesi Asia, memperpanjang kenaikan dari sesi sebelumnya di tengah ekspektasi pertemuan eksportir minyak untuk menopang pasar yang terus dirundung oleh kelebihan pasokan.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 43,71 per barel, naik 22 sen, atau 0,51 persen.

Harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 46,20 per barel pada 0047 GMT, naik 16 sen, atau 0,35 persen.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Terdukung Sentimen Penurunan Produksi

Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Januari 2017 siang ini bergerak naik sebesar 4,4 yen atau 2,9 persen pada posisi 157,00 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 152,60 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom 10 Agustus Bergerak Turun Tergerus Penguatan Yen

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini masih berpotensi menguat dengan kenaikan minyak mentah.

Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 162,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 167,00 yen. Sementara itu jika harga melemah akan menemui Support di posisi 152,00  yen dan 147,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here