IHSG 18 Agustus Dibuka Mantap Terdukung Penguatan Rupiah dan Prospek Ekonomi

575

Indeks Harga Saham Gabungan pada awal perdagangan Kamis (18/08) dibuka naik 15,92 poin atau 0,30 persen pada 5387,77. Penguatan IHSG terdorong penguatan Rupiah dan optimisme ekonomi Indonesia.

Pagi ini terpantau kurs Rupiah menguat terhadap dollar AS. Pasangan kurs USDIDR melemah -0,33 persen pada 13,103. Penguatan Rupiah terdorong memudarnya harapan kenaikan suku bunga AS setelah hasil risalah The Fed AS memberikan sinyal dovish.

Pembuat kebijakan Federal Reserve AS setuju bahwa data ekonomi lebih lanjut diperlukan sebelum menaikkan suku bunga, meskipun beberapa melihat kebutuhan untuk mengetatkan kebijakan segera, demikian menurut risalah dari pertemuan kebijakan 26-27 Juli bank sentral AS.

Risalah yang dirilis pada hari Rabu, menunjukkan bahwa anggota pengaturan suku bunga Federal Open Market Committee umumnya optimis tentang prospek ekonomi AS dan pasar tenaga kerja.

Beberapa pembuat kebijakan Fed, bagaimanapun, mengatakan perlambatan laju perekrutan mendtang akan menentang kenaikan jangka pendek, dan anggota FOMC mengatakan mereka ingin “membuat pilihan kebijakan mereka terbuka.”

Lihat : Risalah The Fed AS : Perlu Tambahan Data Ekonomi Untuk Menaikkan Suku Bunga

Kenaikan IHSG juga didukung optimisme ekonomi Indonesia, dengan ditetapkannya asumsi makro ekonomi Indonesia 2017, dimana dinyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2017 diproyeksikan meningkat.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2017 akan berada di kisaran 5,3 persen. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat membacakan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017 beserta Nota Keuangannya di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD-RI, Jakarta, Selasa (16/8).

Perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun 2017 di kisaran 5,3 persen dengan memperhitungkan seluruh dinamika yang ada dan tantangan yang dihadapi, juga telah mempertimbangkan prospek perekonomian global yang diperkirakan akan membaik, meskipun masih ada ketidakpastian yang bersumber dari perlambatan ekonomi di berbagai negara berkembang serta prospek pemulihan ekonomi negara-negara maju yang belum sesuai harapan. Demikian dijelaskan Presiden Jokowi di hadapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Lihat : Pemerintah Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 2017 Mencapai 5,3 Persen

Lihat : Pemerintah Tetapkan Asumsi Ekonomi Makro Indonesia 2017

IHSG pada awal perdagangan terdukung oleh 9 sektor yang berada di zona positif dengan penguatan tertinggi sektor Aneka Industri yang melonjak 4,08%. Pada pagi ini tercatat 143 saham menguat, sedangkan 46 saham melemah. Sampai saat ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak lebih 422 juta saham dengan nilai mencapai lebih 685 miliar, dengan frekuensi perdagangan sebanyak lebih 29.100 kali.

Pagi ini aksi beli saham investor asing berlangsung. Terpantau pagi ini dana asing yang masuk pasar modal mencapai Rp. 176,63 miliar.

Lihat : Rekomendasi Saham-saham Unggulan, Kamis 18 Agustus 2016

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi menguat terdorong optimisme ekonomi Indonesia. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 5384-5352, dan kisaran Resistance 5448-5480.


Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here