Harga Karet Tocom 24 Agustus Turun Tergerus Pelemahan Minyak Mentah

739

Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Rabu siang (24/08) terpantau turun. Pelemahan harga karet Tocom terganjal penurunan harga minyak mentah sesi Asia.

Harga minyak mentah jatuh pada perdagangan sesi Asia hari Rabu (24/08) terpicu kenaikan tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS, juga tertekan kekhawatiran bahwa permintaan minyak mentah Tiongkok bisa goyah setelah adanya dugaan penggelapan pajak di industri minyak.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 68 sen, atau 1,41 persen, di $ 47,42 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 49,39 per barel, turun 57 sen, atau 1,14 persen, dari penutupan terakhir mereka.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Merosot Lebih 1 Persen

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami penurunan.

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Januari 2017 terpantau turun sebesar -0,4 yen atau -0,2 persen, menjadi 151,7 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 152,1 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom 23 Agustus Berakhir Tenggelam 2 Persen

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan sesi selanjutnya berpotensi melemah dengan potensi pelemahan minyak mentah yang dapat menekan harga karet Tocom. Namun perlu dicermati pelemahan Yen yang terjadi, yang dapat mengangkat harga karet Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan menguji level Support di 147,00 yen dan 142,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 157,00 dan 162,00 yen jika harga berada di teritori positif.

 
Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here