Harga Karet Tocom 25 Agustus Negatif Terganjal Pelemahan Minyak Mentah

641

Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Kamis siang (25/08) terpantau turun. Pelemahan harga karet Tocom terganjal penurunan harga minyak mentah sesi Asia.

Harga minyak mentah melemah pada perdagangan sesi Asia hari Kamis karena meningkatnya persediaan bahan bakar AS dan Asia kembali menjadi perhatian investor untuk kekenyangan pasokan global besar.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 46,68 per barel, turun 9 sen, setelah jatuh 2,8 persen pada Rabu.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan internasional Brent diperdagangkan pada $ 48,95 per barel di 0132 GMT di perdagangan Asia awal, turun 10 sen, setelah penutupan turun 1,8 persen sebelumnya.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Lanjutkan Pelemahan

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami penurunan.

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Januari 2017 terpantau turun sebesar -2,5 yen atau -1,6 persen, menjadi 149,2 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 151,7 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom 24 Agustus Turun Tergerus Pelemahan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan sesi selanjutnya berpotensi melemah dengan potensi pelemahan minyak mentah yang dapat menekan harga karet Tocom. Namun perlu dicermati pelemahan Yen yang terjadi, yang dapat mengangkat harga karet Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan menguji level Support di 144,00 yen dan 139,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 154,00 dan 159,00 yen jika harga berada di teritori positif.

 
Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here