Setelah Suspensi SMBR Dicabut, Saham Kembali Lompat Tinggi

483

Perdagangan saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) yang disuspensi oleh oleh otoritas bursa saham sejak sesi pertama perdagangan bursa hari Kamis (25/8), akhirnya dibuka kembali dan sejak sesi pertama hari Jumat (26/8) melantai kembali di lantai bursa saham. Setelah suspensi saham dicabut oleh BEI perdagangan saham langsung diserbu oleh investor lokal dengan volume yang besar, dan nilai sahampun jadi melonjak.

SMBR disupensi bursa perdagangan sebelumnya dikarenakan kenaikan harga kumulatif saham yang signifikan, dimana saham sudah menguat  70% lebih sejak awal bulan Agustus hingga hari Rabu (24/8). Disisi lain setelah saham diperdagangangkan, investor asing melakukan aksi jual dengan net sell mencapai Rp900 jutaan.

Melihat kinerja keuangannya terakhir, laba bersih SMBR pada semester pertama lalu hanya Rp102,50 miliar atau Rp10 per sahamsedangkan pada Semester I 2015 mencapai  Rp167,59 miliar atau Rp17 per saham. Melempemnya kinerja SMBR disebabkan oleh  penjualan semennya naik sedikit  dari Rp635,23 miliar menjadi Rp651,93 miliar.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham   hari Jumat (26/08), saham SMBR dibuka  kuat  pada posisi 1410 dan bergerak sangat kuat  pada posisi 1505.  Volume saham yang diperdagangkan  sudah mencapai  1,2 juta lot saham dengan transaksi Rp183 miliar.

Secara teknikal  harga saham SMBR perdagangan sebelumnya bullish  kuat  dengan berbagai indikator menunjukkan posisi yang sangat kuat melebihi teknikal saham-saham yang diperdagangkan lainnya hari itu.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here