Harga Batubara Berpotensi Naik Terdukung Penguatan Minyak Mentah

760

Perdagangan batubara Rotterdam libur pada perdagangan Senin kemarin. Sebelumnya pada akhir perdagangan Jumat dini hari (26/08), harga batubara Rotterdam naik terdorong kenaikan harga minyak mentah.

Di akhir perdagangan akhir pekan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Oktober 2016 berada di posisi 60,30 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,10 dollar atau setara dengan 0,17 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Untuk perdagangan malam hari ini diperkirakan harga batubara menguat. Sentimen bullish harga batubara datang dari kenaikan harga minyak mentah dan mundurnya dollar AS.

Harga minyak mentah berjangka naik pada perdagangan sesi Asia pada Selasa (30/08) karena dolar AS mengurangi keuntungan sebelumnya, tapi keraguan bahwa produsen akan mampu untuk menyetujui pembekuan produksi terus menyeret harga.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) naik 19 sen atau 0,40 persen menjadi $ 47,17 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 49,37 per barel, naik 11 sen atau 0,22 persen dari penutupan sebelumnya.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan potensi pelemahan dollar AS dan penguatan harga minyak mentah.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 60,80 dollar dan Resistance kedua di level 61,30 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 59,80 dollar dan 59,30 dollar.


Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here