Harga Batubara Rotterdam Naik Terbantu Penguatan Minyak Mentah

566

Pada akhir perdagangan Selasa dini hari (06/09), harga batubara Rotterdam naik terdorong kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah pada perdagangan Senin malam naik setelah pernyataan bersama dari Arab Saudi dan Rusia untuk kerjasama mendukung pasar minyak.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate terakhir diperdagangan naik $ 0,63, atau 1,42 persen, pada $ 45,07 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November naik lebih dari 3 persen lebih tinggi pada $ 48,55 per barel, menetap sampai $ 1,38 pada hari Jumat.

Lihat : Harga Minyak Mentah Terus Naik Dengan Optimisme Arab Saudi-Rusia dan Pelemahan Dollar AS

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Oktober 2016 berada di posisi 63,65 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,30 dollar atau setara dengan 0,47 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Lihat :Harga Batubara Rotterdam Akhir Pekan Naik 1 Persen; Pekan ini Naik 3,6 Persen

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan potensi pelemahan dollar AS, jika malam nanti data pertumbuhan jasa AS melemah.

Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Resistance pada posisi 64,10 dollar dan Resistance kedua di level 64,60 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 63,10 dollar dan 62,60 dollar.


Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here