Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa Q2 Sesuai Perkiraan

648

Pertumbuhan ekonomi zona Eropa naik 0,3% untuk kuartal kedua 2016, yang sejalan dengan perkiraan awal dan flash yang dirilis bulan lalu dan juga sesuai perkiraan konsensus. Ada revisi turun 0,5% untuk kuartal pertama dari 0,6% dengan pertumbuhan tahunan melambat ke 1,6% dari 1,7%.

Pengeluaran konsumsi akhir rumah tangga naik 0,2% setelah naik 0,6% untuk kuartal pertama, sementara investasi tidak berubah pada kuartalan. Ada kontribusi positif dari ekspor, yang naik 1,1% untuk kuartal tersebut, sedangkan persediaan membuat kontribusi negatif.

Pertumbuhan Jerman dikonfirmasi di 0,4% untuk kuartal tersebut, sementara pertumbuhan Spanyol direvisi menjadi 0,8% dari 0,7%. Ada terus kerentanan di Perancis dan Italia dengan kedua ekonomi mencatat pembacaan flat untuk kuartalan. Pertumbuhan tahunan Perancis tidak berubah pada 1,4% dengan Italia pembacaan awal  0,8% dari 1,0% sebelumnya dan tingkat paling lambat selama setahun. Tidak ada ekonomi zona euro dilaporkan kontraksi PDB untuk kuartalan dengan Yunani di wilayah positif.

Akan ada kekhawatiran lebih lanjut bahwa pertumbuhan PDB Perancis tidak cukup kuat untuk meringankan tekanan politik, sementara kelemahan Italia akan menyebabkan kekhawatiran lebih lanjut atas tekanan ke atas yang mendasari pada rasio utang / PDB.

Akan ada tuntutan lebih lanjut untuk kebijakan fiskal untuk longgar selama beberapa bulan ke depan untuk mendukung kondisi permintaan secara keseluruhan dan mengurangi tekanan pada kebijakan moneter. Tidak ada reaksi pasar yang signifikan, tetapi kebijakan fiskal dan moneter akan menjadi elemen kunci dalam pertemuan Dewan ECB Kamis dan konferensi pers Presiden Draghi.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here