Harga Timah 8 September Naik Terdorong Meningkatnya Impor Tiongkok

494

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan Kamis siang (08/09). Kenaikan harga timah terdukung meningkatnya impor Tiongkok bulan Agustus.

Impor Tiongkok naik tak terduga pada bulan Agustus untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun sementara ekspor turun pada kecepatan yang lebih sederhana.

Ekspor turun 2,8 persen dari tahun sebelumnya, Administrasi Umum Bea Cukai Tiongkok, menyatakan pada Kamis (08/09), menambahkan bahwa tekanan pada pengiriman diperkirakan untuk berlanjut menurun pada kuartal keempat.

Impor naik 1,5 persen dari tahun sebelumnya, yang mengakhir 21 bulan penurunan, menunjukkan permintaan domestik naik bersama dengan harga komoditas yang lebih kuat.

Lihat : Impor Tiongkok Agustus Naik Pertama Kali Sejak 22 Bulan, Ekspor Turun Tipis

Dengan meningkatnya impor Tiongkok, semakin memperkuat sentimen meningkatnya permintaan logam termasuk timah dari negara konsumen terbesar logam dasr di dunia ini.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 19.600 dollar per ton, naik sebesar 150 dollar atau 0,8 persen dari penutupan sebelumnya pada 19.450.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan potensi pelemahan dollar AS dengan melemahnya harapan kenaikan suku bunga AS. Harga akan menghadapi level Resistance di posisi 19.800 dollar dan 20.000 dollar. Akan tetapi jika terjadi penurunan, harga timah akan menghadapi level Support di 19.400 dollar dan 19.200 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here