Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

763

Metal berharga memulai minggu lalu dengan catatan yang positip tetapi pada akhir minggu baik emas maupun perak berbalik arah menurun dengan imbal hasil dari investasi yang lainnya mulai naik lagi dan USD pulih kembali. Spekulasi terhadap kemungkinan kenaikan bunga di bulan September telah memanaskan aksi jual ini. Tetapi setelah pidato dari Lael Brainard baru-baru ini pada hari Senin mengenai kondisi ekonomi AS dan outlooknya kemungkinan akan kenaikan tingkat bunga meredup. Disamping pembicaraan mengenai hal ini, laporan dan event-event lainnya pada agenda minggu ini termasuk produksi industri AS, keputusan tingkat bunga BOE dan SNB, sentimen konsumen AS dan CPI.

FOMC tidak bisa memberikan arah yang jelas mengenai keadaan kebijakan moneternya. Dan aksi jual baru-baru ini terhadap kemungkinan kenaikan tingkat bunga hanya mendemonstrasikan betapa tidak pastinya pasar mengenai apa yang the Fed akan lakukan berikutnya. Sepanjang pasar merevisi naik kemungkinan kenaikan tingkat bunga, emas dan perak kemungkinan akan terpukul. Tetapi anggota FOMC Brainard, sebagaimana yang telah diperkirakan, tidak mengubah nadanya yang “dovish” dan menunjuk kepada resiko terjadinya penurunan akibat kenaikan tingkat bunga yang lebih cepat. Setelah dibuatnya pernyataan ini, probabilita kenaikan tingkat bunga di bulan September turun dari 26% pada akhir dari minggu lalu menjadi tinggal hanya 15% pada hari Senin dan untuk bulan Desember kemungkinan kenaikan tingkat bunga juga telah stabil di sekitar 55%.

Melihat kedepan pada minggu ini, keputusan tingkat bunga BOE akan menjadi event utama di Eropa. Tetapi BOE diperkirakan tidak akan mengubah kebijakannya. Dan di AS laporan utama termasuk sentimen konsumen, CPI dan produksi industri. Kecuali CPI inti menunjukkan kenaikan yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan (saat ini pasar memperkirakan kenaikan bulanan sebesar 0.2%), pasar tidak akan merevisi banyak akan kemungkinan kenaikan tingkat bunga. Dengan demikian, sepanjang dolar AS mulai melemah lagi dan imbal hasil alternatif investasi lainnya melanjutkan tren penurunannya, metal berharga kemungkinan akan mengalami rally.

Ringkasnya, pasar bullion telah melemah pada minggu lalu tetapi bisa memanas naik lagi dengan pasar perlahan-lahan merevisi turun kembali outlooknya mengenai kemungkinan kenaikan tingkat bunga pada bulan ini – yang saat ini kelihatannya sangat tidak mungkin. Dan jika laporan ekonomi AS yang utama tidak memenuhi perkiraan pasar, harga emas dan perak bisa mengalami pemulihan sebentar dalam jangka pendek.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here