Harga Minyak Mentah Naik Terbantu Kenaikan Bensin dan Wall Street

868

Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan hari Jumat dinihari, mengakhiri penurunan dua hari terbantu lonjakan harga bensin berjangka dan kenaikan bursa Wall Street.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate sempat menyentuh kenaikan  pada $ 44,77 per barel, dan berakhir naik pada 0.8 persen pada $ 43.91 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 62 sen menjadi $ 46,47 per barel pada 02:48 ET.

Pedagang dan investor membeli untuk menutup posisi short bensin berjangka rally 4 persen dan indeks S & P 500 untuk ekuitas AS naik hampir 1 persen.

Bensin berjangka melonjak setelah sumber mengatakan BP Plc akan memangkas produksi akhir pekan ini oleh setidaknya 50 persen dari unit destilasi minyak mentah besar untuk perbaikan di 413.500 barel per hari Whiting, kilang Indiana.

Bursa Wall Street naik setelah data ekonomi AS yang lemah dibasahi kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve bulan ini.

Harga tetap rendah selama seminggu sejauh ini. Selama dua sesi sebelumnya, minyak turun 6 persen, tertekan oleh data yang menunjukkan peningkatan persediaan mingguan yang tinggi dalam produk minyak bumi AS dan perkiraan oleh pengawas energi dunia dan OPEC yang menandakan kekenyangan minyak mentah global bisa bertahan dalam 2017.

Juga, margin keuntungan untuk pengolahan minyak mentah menjadi bahan bakar motor mencapai satu bulan setelah kebocoran di Colonial Pipeline, sistem carrier terbesar di negara itu untuk bensin.

Persediaan minyak sulingan AS, yang termasuk diesel dan minyak pemanas, naik 4,6 juta barel dalam pekan sampai 9 September,demikian Energy Information Administration AS melaporkan, lebih dari yang diperkirakan analis dan peningkatan mingguan terbesar sejak Januari.

Beberapa analis dan pedagang memperkirakan harga minyak berada di bawah tekanan lagi segera, karena pasokan minyak mentah kembali dari Nigeria dan Libya.

Libya National Oil Corp mengatakan sedang mengangkat force majeure di tiga pelabuhan. Di Nigeria, menawarkan untuk Oktober-Pemuatan minyak mentah Qua Iboe telah muncul bahkan saat force majeure tetap di tempat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi turun dengan kekuatiran kekenyangan pasokan global. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 44,30 – $ 43,80, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 45,30 – $ 45,80.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here