Bursa Tokyo 21 September Berakhir Naik Hampir 2 Persen Setelah Keputusan BOJ

715
Vibizmedia Photo

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Rabu (21/09), indeks Nikkei ditutup melonjak 315,47 poin, atau 1,91 persen, di 16807.62. Penguatan indeks Nikkei terdorong keputusan BOJ merombak kebijakan meoneter dengan mempertahankan suku bunga tetap dan memfokuskan pengawan target kurva imbal hasil. Kenaikan ini merupakan tertinggi harian sejak 29 Agustus.

Lihat : Indeks Nikkei 21 September Bergerak Negatif Terganjal Kekuatiran Keputusan BOJ

BOJ menambahkan target suku bunga jangka panjang kepada program pembelian aset besar-besaran pada hari Rabu, merombak kerangka kebijakan dan berkomitmen untuk mencapai target inflasi 2 persen secepat mungkin.

Bank sentral juga mempertahankan suku bunga kebijakan minus 0,1 persen di tengah spekulasi sebelum itu mungkin mengambil tarif lebih jauh ke dalam wilayah negatif. Ini akan mencoba untuk menjaga kurva imbal hasil yang curam dengan mempertahankan suku bunga jangka panjang, yang sebelumnya tenggelam jauh ke dalam negatif, sekitar nol persen.

Kedua langkah ini diharapkan dapat membantu lembaga keuangan dengan tidak meningkatkan beban bunga jangka pendek negatif, yang telah mengurangi keuntungan bank. Hal ini juga dapat meningkatkan pendapatan dari kepemilikan mereka atas utang jangka panjang, banyak yang telah dibebani investor dengan hasil negatif.

Lihat : BOJ Pertahankan Suku Bunga, Fokuskan Target Kurva Imbal Hasil

BOJ juga mengatakan akan melakukan diversifikasi pembelian ETF, dengan 2,7 triliun yen ($ 26330000000) untuk dialokasikan dan terkait dengan indeks Topix. Bank membuat sebagian besar dari kapitalisasi pasar di indeks.

Pada akhir perdagangan, asuransi Jepang naik 5,5 persen dan bank naik 6,9 persen.

Saham Mitsubishi UFJ Financial Group Inc melonjak sebanyak 7,5 persen ke tertinggi dua minggu dan saham Mizuho Financial Group naik sebanyak 7 persen.

Saham Dai-ichi Life Insurance Co Ltd melonjak sebanyak 10,1 persen menjadi tertinggi delapan bulan, saham Sompo Japan Nipponkoa Holdings naik sebanyak 4,7 persen.

Saham Eksportir juga naik karena yen merosot terhadap dolar setelah keputusan BOJ.

Saham Toyota Motor Corp naik 3,2 persen, saham Panasonic Corp naik 3,3 persen, saham Honda Motor Corp melonjak 4 persen.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau melonjak 410,00 poin atau 2,51% pada 16,730, naik dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 16,320.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan bergerak naik setelah keputusan BOJ yang menekan mata uang Yen. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 16,208-15,712, dan kisaran Resistance 17,201-17,726.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here