Kemenangan Trump Baik Buat Emas

1247

Walaupun Dutch bank ABN Amro berpikir tidak mungkin Trump akan memenangi pemilihan presiden AS, apabila Trump yang menang dan menyetir Amerika Serikat, harga emas akan terdorong naik karena kebijakannya akan melemahkan ekonomi AS.

Georgette Boele, koordinator strategi forex dan metal berharga ABN Amro di dalam laporan risetnya mengatakan bahwa retorika dari Trump dengan tindakan kebijakannya yang mungkin terjadi paling tidak bisa menciptakan ketidak pastian domestik dan internasional dan yang terburuk akan terjadi kekacauan.

Kitco News dalam interviewnya dengan Echobay managing partner Vince Lanci pada bulan April 2016, mencatat, “Trump akan membelanjakan uangnya seperti pelaut yang mabuk….tetapi dia tidak akan menang.”

Trump memberikan kondisi yang baik buat emas jika dia bisa menang dan jika ide belanja untuk membuat Amerika kembali ke “greatness” nya bisa terealisir.

Echobay menambahkan,”Trump pada intinya adalah seorang builder/contractor dan dia akan membelanjakan uang untuk infrastruktur seperti seorang pelaut yang mabuk. Dia akan mencoba melewati paket stimulus yang membuat FDR kelihatan seperti tidak ada apa-apanya. Bayangkan memberikan Treasury ke Developer Real Esate…..hanya langit yang akan menjadi limitnya. “

Selain baik buat harga emas atau metal berharga lainnya, kemenangan Trump akan

  1. Menurunkan Harga Saham: S&P turun 3%, MSCI turun 10%
  2. Membuat dolar AS menguat
  3. Melemahkan Obligasi: target 10 tahun sebesar 1.75 menjadi 2.00% dan target 30 tahun sebesar 2.60 menjadi 2.75%

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here