Pembagian Dividen UNTR Tidak Dapat Menahan Profit Taking

653

Mengakhiri perdagangan saham sesi pertama (5/8), saham PT United Tractors Tbk (UNTR) alami profit taking yang besar khususnya dari investor asing dengat net sell Rp8 miliar lebih. Tekanan asing tersebut  datang setelah rally  saham selama 2 hari berturut.

Pemberitaan pembagian dividen interim oleh perseroan bulan depan belum dapat membuat saham UNTR rally melanjutkan perdagangan sebelumnya, tekanan jual asing cukup besar hingga membuat anjlok 2 persen lebih. UNTR akan bagikan dividen kepada pemegang saham yang terdaftar terakhir pada perdagangan 29 September nanti.

Dividen yang akan dibagikan perseroan pada tanggal 17 Oktober 2016 tersebut senilai Rp143 per lembar saham. Melihat kinerja keuangan perseroan terakhir, sepanjang 6 bulan pertama tahun 2016 laba bersih yang didapatkan UNTR berkurang sangat besar dari laba tahun lalu periode yang sama hingga 45%, yaitu menjadi  Rp1,85 triliun. Buruknya kinerja keuangan perseroan selain  disebabkan oleh menurunnya pendapatan dan juga kerugian kurs.

Turunnya pendapatan perseroan tersebut disebabkan terjadinya penurunan penjualan alat berat  di semua sektor pengguna alat berat, kecuali sekttor konstruksi yang tetap meningkat. Pendapatan UNTR periode tersebut hanya Rp22,6 triliun sedangkan periode yang sama tahun 2015 mencapai  Rp24,9 triliun.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham hari Jumat (23/9) saham UNTR  dibuka lemah  pada level 17700. Saham anjlok cukup signifikan  dan  volume perdagangan hingga siang ini  sudah   mencapai  13 ribu saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham UNTR perdagangan sebelumnya bergerak rally  dengan indikator  MA bergerak datar dan stochastic  bergerak naik mendekati area jenuh beli. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading hari ini  pada target level support di level 17550  hingga target resistance di level 18100.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here